Al Hidayah, Gapokter Berprestasi dari Ciamis

Pagi-pagi ada notifikasi instragram di smartphone, terlihat gambar sebuah piagam penghargaan kepada Gabungan Kelompok Ternak (Gapokter) Al-Hidayah sebagai juara ke 3 lomba agribisnis komoditi Sapi Potong Tingkat Propinsi Jawa Barat 2016. Kaget sekaligus kagum atas prestasi yang telah dicapai oleh Gapokter Al-Hidayah, Gapokter yang terhitung masih muda karena baru berdiri pada 2014. Gapokter ini di bentuk berawal dari program Sentra Ternak Sapi Rancah yang dilakukan oleh Kampoeng Ternak (sekarang Karya Masyarakat Mandiri) dan  Dompet Dhuafa.

Sentra sapi rancah ini merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis peternakan. Program ini bertujuan meningkatkan populasi sapi rancah, meningkatkan pendapatan mitra peternak, dan membangun manajemen perbibitan sapi rancah.  Sapi rancah Sendiri merupakan sapi lokal khas Jawa Barat. Sapi rancah berkembang di masyarakat sepanjang wilayah Priangan Utara dan wilayah Pesisir Selatan Jawa Barat. Populasi sapi rancah yang murni kini mulai berkurang, keberadaannya di tengah masyarakat tersisihkan oleh sapi impor. Untuk menjaga populasi sapi rancah dan melestarikan flasma nutfah asli Jawa Barat ini, Gubernur Jawa Barat melaui Dinas Peternakan Jawa Barat melakukan pengembangan sapi rancah. Hal tersebut pulalah yang mendorong Dompet Dhuafa untuk ambil bagian, dengan memberikan 30 ekor sapi rancah  dan 90 ekor kambing.

Sejak terbentuk, Gapokter banyak menunjukkan kemajuan. Terbukti dari 30 ekor sapi yang diberikan di awal program dalam kini telah berkembang menjadi 60 ekor. Gapokter juga sering mengikuti kontes sapi baik atas nama Gakpokter maupun anggotanya. Kontes yang pernah diikuti antara lain Pesta Patok yang merupakan ajang khusus hewan yang diselanggarakan oleh PemKab Ciamis, kontes Ratu Bibit, Kontes Sapi Potong Lokal dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak kontes yang diikuti delapan (8) diantaranya memperoleh predikat juara. Diantaranya : Juara 3 Lomba Ratu Bibit Kabupaten Ciamis pada tahun 2014, Juara 2 Pejantan Tingkat Kabupaten Ciamis di tahun 2015, Juara 1 Bibit Lokal tahun 2015, Juara 3 Kontes Sapi Potong Se-Jawa barat tahun 2016,  Juara 1 Pejantan Lokal Kabupaten Ciamis 2016, Juara 2dan 3 Sapi Bibit Kabupaten Ciamis dan yang terbaru adalah menjadi juara 3  Lomba Agribisnis Komoditi Sapi Potong Propinsi Jawa Barat.

Sebuah kebanggaan bisa mendampingi mereka, peternak- peternak yang punya semangat dan etos kerja  tinggi. Tahun ini Program berakhir dan akan dilakuan aset reform, selanjutnya Gapokter akan berjalan mandiri namun tetap dibuka komunikasi. Pemkab Ciamis juga berkomitmen bersama masyarakat untuk mengembangkan Gapokter  dengan Sapi Rancahnya. Harapan besar Gapokter terus berkembang sehingga mampu berprestasi lebih tinggi dan lebih banyak memberikan manfaat. Semoga (KMM/SM)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan