Berkah Ramadhan, Warung Tenda Takjil Dompet Dhuafa Laris Manis

TANGERANG SELATAN- Saat Ramadhan, bila mendengar kata takjil rasanya sudah tidak asing lagi dikalangan umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Takjil sendiri memiliki makna penyegeraan untuk menyelesaikan puasa atau membatalkan puasa dengan memakan sesuatu. Islam sendiri menganjurkan, ketika waktu berbuka puasa tiba, segera membatalkannya dengan makanan-makanan ringan serta manis seperti kurma, kue, dan lain sebagainya.

Identiknya kata takjil dengan menu berbuka puasa, juga menarik perhatian Dompet Dhuafa, lembaga zakat yang bergerak lebih dari 20 tahun dalam bidang kemanusiaan ini. Melalui jejaring Masyarakat Mandiri (MM), Dompet Dhuafa menggelar Program Warung Tenda Takjil Berkah di yang dilaksanakan di delapan kota, yakni Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan dan Surabaya. Program yang berlangsung selama Ramadhan ini memberdayakan sebanyak 100 penerima manfaat yakni pedagang kecil yang menjadi mitra binaan Dompet Dhuafa.

Keberkahan berlangsungnya program ini juga begitu dirasakan para pedagang Warung Tenda Takjil Berkah di kawasan Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Keramaian pengunjung sudah mulai terlihat ketika 6 pedagang binaan Dompet Dhuafa menjajakan berbagai menu hidangan makanan berbuka puasa seperti gorengan, kue, kolak, susu kedelai, dan nasi pecel. Para pedagang ini menggelar lapaknya pada pukul 3 sore hingga waktu berbuka puasa tiba.

“Alhamdulillah, hingga saat ini, jajanan buka puasa yang dijajakan para mitra binaan rata-rata terjual laris manis. Ini bisa menambah pundi-pundi rupiah mereka dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari,” terang Agus, Koordinator Warung Tenda Takjil Berkah Dompet Dhuafa, beberapa waktu lalu.

Agus menuturkan, tak hanya mitra binaan Dompet Dhuafa saja yang turut meramaikan program Warung Tenda Takjil Berkah ini. Belasan pedagang pun bergabung menggelar lapak dagangan. Tak hanya meramaikan, para pedagang tersebut juga menambah berbagai macam jenis hidangan berbuka puasa lainnya.

“Sebelumnya mereka memang sudah minta ijin juga ke pihak Dompet Dhuafa juga untuk gelar lapak dagangan. Insya Allah jadi berkah juga untuk mereka,” paparnya.

Rencananya, Program Warung Tenda Takjil Berkah di kawasan Pondok Ranji akan berlangsung hingga mendekati H-7 menjelang Idul Fitri. (uyang/DD)

 {fcomment}

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan