Dedikasi Koperasi Sumber Rezeki untuk Masyarakat Jampang

Sudah menjadi kewajiban bagi koperasi untuk melaporkan kegiatannya kepada anggota. Biasanya pelaporan tentang kegiatan koperasi dilaksanakan setiap tahun  dalam Rapat Anggota Tahunan atau RAT. 

Begitu pula Koperasi ISM Sumber Rezeki yang merupakan koperasi rintisan program Klaster Mandiri Zona Madina. Koperasi ini sudah sudah tiga tahun berjalan dan menggawangi 265 mitra dan separuhnya sudah menjadi anggota koperasi. RAT dilaksanakan pada Sabtu 25 April 2015 di Aula Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa, Jampang, Bogor mulai pukul 09.00-selesai.

RAT dihadiri oleh 104 anggota yang semuanya adalah pedagang kecil. Dengan berkoperasi bagi mereka memberikan manfaat lebih karena selain mendapat pembiayaan mereka juga mendapat pelatihan. Dalam RAT kali ini dibagikan SHU kepada 104 Anggota dengan total Rp.  12.551.572,-. Dari total keuntungan sebesar Rp. 33.186.325.

Koperasi ISM Sumber Rezeki mempunyai peran signifikan dalam mengurangi praktek rente yang menawarkan pinjaman dengan mudah namun bunga selangit. Koperasi ISM Sumber Rezeki menerapkan pembiayaan syariah dengan hanya mengambil margin 10 % flat. Kerena itu masyarakat merasa lebih nyaman bermitra dengan koperasi.

Selain itu , koperasi sudah mampu memberikan manfaat untuk masyarakat.  Selama 2014 koperasi ISM Sumber Rezeki melakukan beberapa kegiatan diantaranya santunan anak yatim dan penyelanggraan PHBI. Selain itu koperasi juga memberikan santunan kepada mitra yang terkena musibah. Santunan di ambil dari dana infaq yang dikumpulkan secara suka rela oleh mitra dengan besaran yang bervariasi.

Koperasi ISM Sumber Rezeki terus tumbuh bersama mitra dan terus memberikan manfaat. Kontribusi kecil yang menggerakkan ekonomi kecil.

{fcomment}

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan