Dedikasi Munipah, 15 Tahun Menjadi Bagian “Masyarakat Mandiri” Dompet Dhuafa

Foto: Almarhumah Munipah saat memberikan sambutan kegiatan pembagian sembako (11/06) di Caringin, Bogor

Usaha untuk perbaikan lembaga adalah dengan menjadi pribadi yang tidak hanya lelah di siang hari dengan pekerjaan, tetapi juga mendekatkan diri dengan Allah di malam hari”.

Itulah pesan terakhir yang Desi Sonya ingat dari Munipah saat rapat terakhir pada dua pekan lalu. Direktur Eksekutif Masyarakat Mandiri itu selalu mengingatkan Desi tentang keseimbangan hidup. Tidak hanya antara manusia dengan Tuhan tetapi juga antara peran diri sebagai ibu di keluarga juga sebagai pengabdi untuk masyarakat.

Desi yang saat ini menjadi Marketing dan Bisnis Masyarakat Mandiri mulai mengenal Munipah pada 2008. Ia mengenal Munipah sebagai orang yang semangat di pemberdayaan komunitas. Sosok Munipah dikenal sebagai pribadi yang ramah, serta tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya.

Sudah tujuh tahun Desi mengenal Munipah. “Dia adalah sahabat, kakak, dan mentor terbaik yang saya punya. Darinya, saya belajar soal menyeimbangkan hidup antara bekerja dan mengurus anak. Kami suka berbagi pengalaman masing-masing dalam menjalankan peran saat di rumah dan di kantor”, cerita Desi saat dihubungi via telepon pada Selasa (11/8).

Dalam urusan pekerjaan, lanjut Desi, Munipah pun selalu melihat masalah dari sisi positif. Selalu ada potensi kebaikan dalam setiap masalah. Hal itu juga harus diterapkan di komunitas. Hal senada dirasakan oleh Esti, pengurus koperasi yang diinisiasi Masyarakat Mandiri. Waktu pertama masuk Dompet Dhuafa, prinsip penting adalah merawat jaringan karena masa depan Dompet Dhuafa ada di sana.

Munipah menghembuskan nafas terakhir pada Selasa (11/08) pada 00.30, pasca melahirkan anak ketiga di sebuah rumah sakit. Diakui oleh Desi, Munipah begitu bahagia saat mengetahui bahwa dirinya mengandung (hamil) lagi. Almarhumah berpulang dengan meninggalkan suami dengan tiga anak. (sumber : www.dompetdhuafa.org)

{fcomment}

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan