Disaat Koperasi Lahir Sebagai Penyemangat

Semangat 45 itu terlihat jelas saat mitra bekerjasama mempersiapkan acara ‘Penyuluhan dan Peresmian’ Koperasi mereka. Mulai dari persiapan lokasi, persiapan konsumsi, mengantarkan surat undangan serta latihan berbicara ketika menjadi petugas acara nanti. Wasti (45) terlihat asyik latihan memberikan sambutan sebagai ketua Koperasi, Tati (35) pun terlihat malu berlatih ngomong sebagai MC, ada pula Saprah (37) sibuk dengan racikan bumbu untuk konsumsi nanti. Mitra Lainnya aktif membersihkan tempat, adapula yang menyiapkan logistik, terlihat senang, kompak dan bekerjasama.

Acara diadakan pada hari Kamis, 27 Februari 2014. Banyak undangan yang hadir saat acara dimulai, sekitar 60 orang. warga sekitar berbondong menuju lokasi, nelayanpun sengaja tidak melaut demi menghadiri acara ini. Pimpinan Dompet Dhuafa Banten juga meluangkan waktunya. Pihak pemerintah juga turut hadir, mulai dari RT, Lurah, Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi.

Wasti sebagai ketua Koperasi ISM Sinar Abadi menyatakan dalam sambutannya bahwa Koperasi ini sudah memberikan manfaat kepada warga disini, setidaknya ada 50 KK mendapat pendampingan dan pembinaan yang baik. “ISM telah hadir setahun lebih disini, banyak suka dibanding dukanya, usaha simpan pinjam berjalan baik kami , kami juga memberikan SHU (Sisa Hasil Usaha) kepada anggota walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak” Ujarnya.

Ada yang membuat undangan terkagum-kagum saat Wasti mengakhiri sambutannya, beliau memimpin membacakan Ikrar mitra yang diikuti semua anggota.  Ikrar yang mereka pegang teguh sejak bergabung dengan program ini.

Pimpinan Dompet Dhuafa Banten Imam baihaqi (28) menyatakan semoga saja program yang telah dirancang Dompet Dhuafa dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama nelayan kerang hijau dan ibu-ibu pengupas kerang. “Kami akan terus mensupport program ini sehingga output ataupun tujuannya tercapai” tambah Imam

Ketua RT yang saat itu hadir mengapresiasi hadirnya koperasi ISM Sinar Abadi di wilayahnya, ia berharap ada komunikasi yang baik dengan pihak RT. Kepala Desa Margaluyu dalam sambutannya berharap agar Koperasi dapat memperluas pelayanannya sehingga masyarakat sekitar juga merasakan kehadirannya.

Dinas Pertanian Kota Serang juga bangga karena kelompok ibu-ibu telah mampu membuktikan bahwa mereka mampu berkelompok dengan baik, saling percaya mempercayai antara anggota dan pengurus, semoga ibu-ibu bisa lebih berkembang nantinya.

Saat Penyuluhan berlangsung, dari Disperindagkop Kota Serang, semua mitra mendengarkan dengan seksama, Tanya jawab dan diskusi juga berlangsung baik dan alot. Penyuluh memberikan pemahaman akan pentingnya berkoperasi, manfaat koperasi dalam pengembangan masyarakat. “Koperasi itu lahir di Indonesia, namun realitanya Koperasi justru berkembang baik di Negara lain “ujar penyuluh. “ Saya berharap Koperasi ISM Sinar Abadi mampu membuktikannya kepada kami, Kami dari Dinas siap membantu dan mensupportnya” tambahnya.

Setelah pengurus dan pengawas koperasi dilantik langsung oleh Dinas Perindagkop, mereka juga menyatakan sumpahnya dihadapan hadirin, akan menjadikan koperasi ini terus maju dan berkembang sebagaimana mestinya, dan terus menjadi penyemangat kami.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan