“Du Crija” Jamur Crispy Khas Sragen

Anik Purwanti (34) merupakan seorang sosok wanita yang bisa menjadi contoh buat kaum ibu yang ingin berwirausaha. Wanita yang pernah mengadu nasib menjadi TKW di beberapa negara antara lain Singapura pada tahun 2003-2004 (2 tahun) dan Hongkong pada tahun 2004-2009 (5 tahun) sekarang sudah bisa tersenyum manis. Kerja kerasnya selama ini mulai memberikan hasil dan membuka harapan untuk masa depan keluarganya.

Rumah produksi Jamur Crispy milik Bu Ani terletak di Kedung Panas, RT 18 RW 09 Kecamatan Ngrampal Sragen, Jawa Tengah. Rumah produksi ini merupakan hasil inisiasi PT KMM-Dompet Dhuafa melalui program pendampingan BMI Sragen. Tidak hanya rumah produksi, sertifikasi PIRT (Pangan industri Rumah Tangga) dan sertifikasi Halal pun sudah dikantongi ibu satu anak ini. Tentunya bantuan program ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan penjualan jamur crispy hasil olahan Bu Anik.

Usaha crispy jamur yang dikelola oleh Mbk Anik perkembangannya cukup baik yaitu tiap hari mampu memproduksi jamur crispy sebanyak 12 kg bahkan sampai 20 kg ketika mendekati hari raya. Satu kemasan produk jamur crispy “Du Crija” mempunyai berat bersih 80 gram  dijual ke konsumen dengan harga Rp 8.000 per pcs. Jamur crispy Du Crija dapat dinikmati dengan beberapa varian rasa antara lain lada hitam, original, pedas, sapi panggang, dan rasa keju. Sampai Bulan Agustus 2016, omset usaha jamur crispy Bu Anik telah menembus omset 9 juta rupiah.

Upaya pemasaran produk ini dilakukan melalui beberapa cara antara lain promosi melalui internet (facebook), mengikuti pameran-pameran, dan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang tertarik untuk menjadi reseller. Beberapa sampel produk Jamur Crispy telah memasuki wilayah Tiongkok dan Hongkong untuk penjajakan pemasaran disana. (KMM/Budi/marisd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan