Gaung Zakatnesia Hingga Lereng Merapi

Zakatnesia adalah sebuah gerakan zakat yang cukup masif, berangkat dari kenyataan yang  sudah berjalan sekian tahun dan peduli terhadap Indonesia. Zakat telah terbukti mampu mengentaskan kemiskinan melalui aneka program pemberdayaan masyarakat. Zakat yang tidak hanya sekadar bagi sembako, tapi juga bisa menyelesaikan masalah pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan.

Zakat juga mampu menjadi solusi permalahan ekonomi yang dialami negeri ini. Masih ingat letusan merapi tahun 2010?letusan yang memporakporandakan desa-desa di sekitarnya. Roda ekonomi masyarakat berhenti total, semuanya mengungsi menyelamatkan dari terjangan awan panas. Erupsi telah menghancurkan tanaman pertanian, banyak warga yang kehilangan harta benda.

Ketika itu Dompet Dhuafa bersama Kampoeng Ternak* meluncurkan Program Recovery Merapi di Dusun Balong, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Program yang memanfaatkan dana zakat untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Program Recovery memberikan 10 ekor ternak sapi perah kepada masyarakat, dan bisa berkembang dengan baik, masyarakat menjawab amanah dengan mengemabangkan sapi-sapi yang diberikan hingga terus berkembang hingga kini mencapai 34 ekor dan terus berkembang. Masyarakat yang sebelum erupsi beternak sapi potong, sekarang hampir semua warga desa beralih menjadi peternak sapi perah. Hasil yang nyata setiap hari mereka dapatkan dari susu yang dihasilkan. Berangsur-angsur perekonomian masyarakat mulai pulih, roda perekonomian mulai berputar kembali dan senyumpun mulai merekah.

Melihat kesungguhan dan etos kerja masyarakat yang menggembirakan, Dompet Dhuafa kembali menelurkan program Mustahi Move To Muzakki (M3) dengan bantuan modal berupa sapi perah untuk kelompok dan masyarakat yang belum bergabung dalam kelompok. Program ini untuk lebih memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat agar bisa berpendapatan minimal sebesar UMK yang ditetapkan oleh daerah dimana program dilaksanakan. (baca juga : Sapi-perah-ubah-ekonomi-masyarakat-umbulharjo)

Masyarakat sebagai penerima manfaat sangat merasakan manfaat zakat yang disalurkan kepada mereka. Agar yang mereka rasakan bisa juga dirasakan oleh masyarakat lain di Indonesia, Mitra program M3 turut serta dalam mengkampanyekan Zakatnesia. Dengan ikut mengkampanyekan zakatnesia, masyarakat ingin lebih banyak orang sadar untuk yang berzakat sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaat dari pendayagunaan dana zakat.

Jadilah bagian dari gerakan zakatnesia mewujudkan berkah untuk Indonesia, kita bisa jika bersama saling bergandengan tangan membentang kebaikan.

Wujudkan Berkah Untuk Indonesia

(KMM/Slamet)

*Kampoeng Ternak Merupakan Divisi Peternakan Karya Masyarakat Mandiri

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *