Gerakan Lima Kilogram Gula untuk Pendidikan

Perbaikan pendidikan di desa tak bisa melepaskan keterlibatan berbagai komponen masyarakat. Untuk mendorong perbaikan bisa dilakukan pendekatan peningkatan kapasitas tenaga pengajar, dan daya dukung orang tua siswa. Program hasil kerja sama Masyarakat Mandiri dengan
Japan International Cooperation Agency (JICA) ini berintikan pemberdayaan ekonomi produktif bagi para orang tua untuk menyokong kesinambungan pendidikan anak-anak mereka.

Gerakan Lima Kilo Gula Kelapa (GELIPA) program ini dinamai. Sebuah ajakan dan ikhtiar terprogram untuk membudayakan kebiasaan menabung dan membayar uang sekolah dengan gula kelapa. Potensi kelapa di daerah sasaran cukup besar, sehingga banyak warga yang memanfaatkan nira kelapa untuk dijadikan gula merah. Berbagai langkah penguatan kapasitas dijalankan, baik bagi para orang tua murid dan para pendidik di desa dampingan.

Periode Program:
1429 H / 2008

Lokasi:
Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

Pemetik Manfaat:

  • 280 KK
  • 1400 Jiwa

Capaian Program:

  • Dari aktivitas ekonomi, telah terbentuk dua Unit Ekonomi Komite Sekolah (UEKS) di dua desa terdiri dari kelompok-kelompok mitra (orang tua murid).
  • Penguatan kapasitas tenaga pendidik, telah dijalankan berbagai pelatihan bagi guru dan kepala sekolah tingkat desa dan kecamatan.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan