Jadikan Kopi Bagian Hidup

TEMANGGUNG – Dusun Kemloko, dusun terpencil di pinggiran kota Temanggung, kedatangan artis papan atas menjadi peristiwa yang langka. Kerjasama jual – beli kopi  dengan Hudi, salah satu suplier kopi lokal menjadi keuntungan tersendiri bagi paguyuban kopi Buana Sari Kemloko, Temanggung. Beliau yang memfasilitasi exportir dan Viva Barista berkunjung ke kebun kopi paguyuban, Rabu (10/2).

Tamu yang datang yaitu Rido Dewanto, vokalis band Navicula Gede Robi, Muhammad Aga Barista dan exportir kopi Taman Delta Semarang, Moelyono Soesilo. Wajah warga yang tadinya lesuh tampak berubah cerah kelihatan gembira.

Acara sarasehan digelar di balai pertemuan paguyuban yang sedianya diadakan di tengah perkebunan kopi karen cuaca dan hal lain yang tidak mendukung. Moelyono Soesilo menyampaikan, “Negara lain boleh punya kuantitas kopi dalam jumlah yang sangat besar, tapi susah menandingi faktor rasa kopi Indonesia, kesadaran akan komoditas kopi spesial harus ditingkatkan di level petani sembari memberikan edukasi kepada para pemain di tingkat hilir.”

Sarasehan berlangsung aktif dengan dengan format semi formal. Acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan berupa laptop dan jaringan internet dari Telkom. Dengan adanya jaringan ini petani kopi mampu untuk membuka wawasan lebih luas sehingga jaringan dan pengetahuan juga bertambah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan