Jajanan Sehat Untuk Anak

Sehatnya jajanan anak menjadi konsen orang tua murid. Maraknya jajanan dengan menggunakan bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan, membuat resah para orang tua. Mereka kesulitan untuk mengontrol jajanan anak ketika di sekolah.  Perguruan Islam Al Syukro Universal sebagai salah satu penyelenggara pendidikan dari TK hingga SMA. Sekolahan yang beralamat Jl. Otista Raya H. Maung, Ciputat timur ini memahami kegundahan orangtua murid mengenai hal tersebut. Al Syukro mendirikan kantin yang berada di dalam kompleks sekolahan dan mendapatkan pembinaan. Keberadaan kantin diharapkan dapat mengontrol jajanan yang di jajakan pedagang.

Bekerjasama dengan Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa, Al Syukro memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 10 pedagang kantin. Para pedagang sudah melalui seleksi dan memberikan komitmen untuk menjual jajanan yang sehat di kantin Al Syukro. Pelatihan dilaksanakan pada sabtu (16/04) di Ruang Serba Guna Perguruan Islam Al Syukro.

Pelatihan mengenai Higiene dan Sanitasi Makanan yang disampaikan oleh dr. Sindy Rahmatika dari UPT Puskesmas Ciputat. Pelatihan ini menakankan tentang kebersihan diri saat mengolah, menyiapkan dan menyajikan makanan atau minuman. Selain itu pedagang juga diminta untuk selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti celemek, masker dan sarung tangan.

Pelatihan terhadap para pedagang Kantin Sekolah diadakan rutin minimal setiap enam bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memberikan kesadaran kepada para para pedagang akan pentingnya kebersihan makanan dan minuman yang dijual. Dengan demikian maka Kantin Sekolah wajib menyediakan dan menjual makanan dan minuman yang bersih, sehat dan aman bagi para siswa dan guru.

Selain pelatihan para pedagang juga diberikan pendampingan yang dilakukan oleh Karya Masyarakat mandiri. Pendampingan dilakukan agar hasil pelatihan dapat dilaksanakan oleh pedagang dan menjadi problem solver  bagi pedagang yang menghadapi masalah yang terkait dengan dagangannya. (KMM/Slamet/Achyar)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan