Klaster Mandiri Blora – Jawa Tengah

Program Klaster Mandiri di Blora berintikan Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Industri Rumah Tangga Berbasis Pangan. Program ini mendukung Percepatan Pertumbuhan Sektor Riil Melalui Kegiatan Pengembangan Industri Rumah Tangga Berbasis Pangan yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Gagasan tersebut menuntut beberapa strategi yang harus dikembangkan di antaranya Pendampingan langsung di tengah komunitas (live in & base on community), program pengembangan ekonomi lokal vertical economi linkage (VEL) dengan penumbuhan klaster usaha, dan pembentukan klaster agroindustri komoditas tertentu berbasis komunitas. Selain itu, upaya yang bisa dijalankan pada program ini adalah peningkatan ketrampilan dan penyadaran akan potensi ekonomi yang masyarakat miliki melalui pembinaan dan pelatihan yang terpadu, juga bantuan teknis program dalam hal penerapan teknologi tepat guna.

Tujuan Umum Program Klaster Mandiri
Peningkatan kesejahteraan masyarakat ‘pemetik manfaat’ terutama peningkatan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar yang meliputi aspek sosial, kesehatan, pendidikan serta ekonomi.

Pemetik Manfaat
Lokasi pelaksanaan kegiatan program adalah Kecamatan Kradenan

Pelaksana Teknis
Pelaksana teknis kegiatan program klaster mandiri adalah lembaga jejaring ekonomi Dompet Dhuafa, yaitu Masyarakat Mandiri (MM) untuk sektor UMKM, Lembaga Pertanian Sehat (LPS) untuk sektor pertanian, dan Kampoeng Ternak (Kater) untuk sektor peternakan. Pelaksanaan program juga didukung oleh Tim Advokasi serta lembaga jejaring sosial Dompet Dhuafa.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan