Klaster Mandiri Kulon Progo – Jawa Tengah

Salah satu wilayah yang dijadikan sasaran program di Kabupaten Kulon Progo adalah Kecamatan Kokap, dengan pertimbangan bahwa kecamatan tersebut memenuhi kriteria program di mana masih cukup tingginya jumlah penduduk yang kategori prasejahtera dan di lain sisi potensi sumberdaya lokalnya masih mungkin untuk dikembangkan sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Umum Program Klaster Mandiri:
Peningkatan kesejahteraan masyarakat ‘pemetik manfaat’ terutama peningkatan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar yang meliputi aspek sosial, kesehatan, pendidikan serta ekonomi.

Pemetik Manfaat:
Lokasi pelaksanaan kegiatan program pada tahun pertama adalah Desa Kalirejo Kecamatan Kokap (UMKM), Desa Hargowilis Kecamatan Kokap (Peternakan) dan Desa Karang Wuluh Kecamatan Temon (Pertanian).
Program Pemberdayaan Sektor UMKM
Kegiatan usaha yang dijalankan oleh pemetik manfaat program adalah pembuatan gula kelapa, keripik, geplak dll.
Program Pemberdayaan Sektor Pertanian
Lokasi program pertanian adalah Desa Karang Wuluh Kecamatan Temon.
Program Pemberdayaan Sektor Peternakan
Kelompok-kelompok yang sudah terbentuk tersebar di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap.

Pelaksana Teknis:
Pelaksana teknis kegiatan program klaster mandiri adalah lembaga jejaring ekonomi Dompet Dhuafa, yaitu Masyarakat Mandiri (MM) untuk sektor UMKM, Lembaga Pertanian Sehat (LPS) untuk sektor pertanian, dan Kampoeng Ternak (Kater) untuk sektor peternakan. Pelaksanaan program juga didukung oleh Tim Advokasi serta lembaga jejaring sosial Dompet Dhuafa.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan