Klaster Ternak Domba Sinergi Dukung Kampung Iklim

SUKABUMI-Kamis (31/03) telah diresmikan Klaster Ternak Domba di Desa Cisarua Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Klaster tersebut merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar koridor Gunung Halimun-Salak yang masuk wilayah Kabupaten Sukabumi dan Bogor atau sering disebut Green Coridor Iniciative (GCI). Pada awal Maret 2016, wilayah Desa Cisarua Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi telah ditetapkan sebagai Kampung Iklim 2015 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Kampung Iklim merupakan daerah yang memenuhi kriteria sebagai wilayah yang udaranya sehat, airnya bersih, dan bebas dari sampah. Di dalamnya terjadi proses pengelolaan lingkungan yang sangat baik, sehingga sangat mendukung dalam menjaga iklim lingkungan yang sehat.

Keterkaitan antara Klaster Ternak Domba dengan Kampung Iklim terletak pada dukungan peternakan bagi penguatan pengelolaan limbah pertanian yang digunakan untuk pakan ternak. Sisa-sisa sayuran seperti sawi, kol, pohon dan kulit pisang yang selama ini dibuang, diolah menjadi pakan ternak domba. Di Klaster Ternak Domba telah memiliki teknologi pengolahan limbah pertanian menjadi pakan fermentasi atau silase. Dengan demikian tidak akan banyak sampah yang tersisa. Sebaliknya, kotoran domba akan diolah menjadi pupuk tanaman dan energI alternatif yaitu biogas. Meskipun baru satu unit, biogas yang ada sudah mampu digunakan untuk keperluan memasak di sekretariat.

Jika dilihat dari siklus pengelolaan usaha pertanian dan peternakan di atas, nyatalah bahwa keberadaan Klaster Ternak Domba sangat mendukung bahkan memperkuat keberadaan Kampung Iklim yang mengedepankan pengelolaan lingkungan yang sehat. Tidak ada limbah peternakan atau pertanian yang terbuang dan menjadi sampah. Kita sangat percaya diri bahwa program ini bisa dikatakan integrated farming dengan sistem zerowaste. Hal ini sejalan dengan pernyataan Direktur Program dan Bisnis Karya Masyarakat Mandiri pada pernyataan awalnya sebelum menyerahkan Klaster Ternak Domba kepada Ketua Koperasi Jarmaskor Maju Sejahtera yang mewakili penerima manfaat. “Klaster Ternak Domba ini selain bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dari usaha peternakan, juga akan menguatkan wilayah Desa Cisarua Kecamatan Kabandungan sebagai Kampung Iklim 2015”, serunya.    (Ajat Sudarjat)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *