KMM Manfaatkan Teknologi Aplikasi Untuk Sejahterakan Petani

Kemajuan teknologi informasi telah dirasakan manfaatnya dan berkembang di segala bidang termasuk pertanian. Teknologi informasi diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada sektor budidaya pertanian terutama informasi harga, pasar dan teknologi budidaya. Kehadiran aplikasi teknologi informasi untuk petani diharapkan mampu memberikan solusi dan efisiensi usaha budidaya pertanian.

Karya Masyarakat Mandiri (KMM) sebagai Corporate Enterprise yang konsen dalam pemberdayaan pertanian menyadari bahwa pemberdayaan termasuk bidang pertanian perlu terintegrasi dengan teknologi.  KMM menjalin kerjasama dengan Eragano, salah satu vendor penyedia aplikasi teknologi informasi. Aplikasi eragano menyediakan fitur yang bisa dimanfaatkan petani untuk melakukan budidaya. Fitur-fitur tersebut antara lain  Fitur jadwal tanam yang mengatur jadwal kegiatan budidaya, dosis penggunaan pupuk dan pestisida dan jadwal panen. Fitur pembelian berguna untuk membantu petani mendapatkan sarana produksi dan aplikasi pelaporan jika terdapat kendala hama dan penyakit melalui aplikasi. Saat ini aplikasi Eragano sampai dengan saat ini berjumlah 100 orang, terkonsentrasi di daerah Pangalengan – Bandung

KMM tahun ini mulai menerapkan penggunaan aplikasi eragano untuk program Green Horti –Mustahik Move to Muzakki (M3) Program Kerjasama antara KMM dan Dompet Dhuafa di wilayah Cipanas, Cianjur. Sosialisasi telah dilakukan Rabu(24/08) di bertempat di Desa Sindang Jaya, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Sosialisasi dihairi langsung oleh Aris Hendrawan selaku co Founder eragano. setelah sosialisasi akan dilakukan ujicoba penggunaan aplikasi pada 10 petani anggota Paguyuban Sumbar Jaya Tani Dampingan KMM.

Dengan pemanfaatan teknologi ini diharapkan petani mampu meningkat produksinya dengan kualitas yang baik. Permasalahan pemasaran yang selama ini masih menjadi kendala dapat teratasi karena eragano akan menyerap komoditas yang proses penanamannya memanfaatkan  fitur yang ada di aplikasi eragano. (KMM/Zahrul/Asep)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan