KMM Sertifikasi Kader Teknis Veteriner

Garut-Perkembangan suatu lembaga pemberdayaan masyarakat sangat tergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia sebagai motor penggerak dinamisasi dari suatu program yang telah direncanakan. Dengan adanya kualitas SDM yang berkualitas maka akan berbanding lurus terhadap manfaat positif yang dihasilkan.

Hal tersebut yang mendasari Karya Masyarakat Mandiri (KMM) melakukan pelatihan dan sertifikasi Kader Teknis Veteriner Tingkat Pratama. Pelatihan ini diikuti 15 orang Kader Teknis Veteriner yang berasal dari Sukabumi Jawa Barat. Pelatihan dilaksanakan selama  4 (empat) hari mulai 2 hingga 4 Maret 2016 di Kantor Sekretariat Paguyuban Al Awwaliyah Garut, Jl. Raya Pasirwangi, KP. Babakan Pala Rt.004 Rw.001 Desa Karya Mekar, Kec. Pasirwangi  Kabupaten Garut.

Pelatihan ini, diharapkan melahirkan kader lokal dengan dengan kapasitas kader pratama. Hal tersebut penting untuk meningkatkan pengatahuan dan pemahaman terkait kesehatan ternak, recording serta mampu mengaplikasikan penggunaan teknologi dalam proses recording ternak

Manfaat juga dirasakan peserta, “Alhamdulillah pelatihan ini dirasa sangat kurang, karena hanya 3 hari. Namun sangat bermanfaat bagi kami, selaku peternak yang akan mempraktikan langsung di lapangan. Terlebih lagi kami yang ikut pelatihan ini, merupakan perwakilan masing-masing kelompok, maka beban yang akan kami bawa adalah bagaimana informasi ini dapat kami transformasikan ke anggota yang lain” ujar Kang Agus, salah satu peserta

Selain pemaparan materi dan praktikum langsung, peserta juga diajak langsung ke Pasar Hewan Bayongbong, hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan terkait pemilihan bibit yang baik dan harga pasar yang perlu diketahui langsung oleh peserta. Pelatihan dan Sertifikasi Kader ini ditutup dengan ujian tertulis dan praktikum. Dimana sebanyak 15 orang kader diuji terkait materi dan praktikum yang telah disampaikan, apakah 15 orang kader layak atau tidak sebagai kader Teknis Veteriner Tingkat Pratama. (Salman)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *