Lahirkan Entrepreneur Muda, KMM Gelar Youth Agropreneur

Survey Global Entrepreneur Monitor (GEM) pada tahun 2013 memperlihatkan hasil yang menarik bahwa tingkat keinginan masyarakat Indonesia untuk berwirausaha menempati peringkat kedua setelah Filipina di tingkat ASEAN. Tingginya keinginan tidak serta-merta diikuti dengan memulai usaha. Rata-rata masyarakat masih takut untuk terjun ke dunia usaha. Jadi jangan heran jika jumlah penguasaha di Indonesia masih di angka 1,65 persen dari jumlah penduduk. Bandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand dengan jumlah pengusaha 3 persen, malaysia yang dulu banyak belajar ke Indonesia saat ini memiliki penguasaha 5 persen dari jumlah penduduknya. Apalagi jika dibandingkan dengan Singapura yang mancapai 7 persen dari jumlah penduduk.

Sadar bahwa peningkatan jumlah pengusaha akan simetris dengan kemajuan sebuah bangsa, Dompet Dhuafa (DD) bersama Karya Masyarakat Mandiri (KMM) menginisiasi sebuah program untuk menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang tangguh. Program yang di beri nama ‘Youth Agropreneur’ yang fokus pada pengusaha di bidang petani dan peternak. Program yang bertujuan menumbuhkan jiwa wirausaha tani ternak di kalangan pemuda ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Fallah, Ciampea, Bogor 28-29 Juli 2016. Diharapkan dengan kegiatan ini Bertambahnya motivasi, pengetahuan dan skill para pemuda dalam mengelola usaha berbasis teknologi informasi (online) di sektor pertanian-peternakan.

Bidang pertanian dan peternakan dipilih karena adanya penurunan minat generasi muda di sektor ini.  Data BPS 2014 menunjukkan terjadi penyusutan profesi petani dan peternak dalam 10 tahun terakhir (2003-2013) dengan jumlah sekitar 5 juta.  Hal ini bisa terjadi salah satunya karena minimnya minat generasi muda menjadi petani dan peternak.

Apresiasi diberikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Fallah. “Terimakasih sedalam-dalamnya kepada DD yang telah percaya kepada Darul Fallah atas penyelenggaraan (YAP) dan mengajak para alumni darul falah untuk mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan niat untuk melahirkan pengusaha muda tangguh tercapai tahap demi tahap.” Papar Ust. Abdul Hanan, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Falah dalam sambutannya.

(Slamet/KMM)

 

 

2 replies
  1. Heru
    Heru says:

    Subhanallah, semoga upaya Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa dalam menggugah generasi muda dalam memangun kewirausahaan berhasil dengan baik.

    Balas
  2. anto
    anto says:

    Semoga cita-cita luhur dompet dhuafa dan KMM tercapai dan mampu menginspirasi para pemuda dan bangsa ini..good job

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan