Lokomotif Baru Ekonomi Semarang, ISM MAS

     Pelaksanaan Program Kelompok Pedagang Makanan Sehat (KPMS) di Kecamatan Semarang Utara memasuki babak baru. Pada hari Selasa (2/09) pukul 20.00 Dihadiri oleh 22 mitra bertempat di Balai Desa Kebonharjo dilakukan pembentukan Ikhtiar Swadaya Mitra (ISM) Mandiri Amanah Sejahtera. KPMS adalah Pemberdayaan yang dilakukan oleh Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa dengan sasaran pedagang-pedagang kecil di wilayah Semarang Utara.

   ISM sendiri merupakan lembag Lokal yang dibentuk secara swadaya oleh mitra di setiap program. dengan adanya kelembagaan lokal akan  memudahkan dalam koordinasi dan diharapkan mampu melatih mitra dalam berorganisasi sekaligus menjadi bekal mitra ketika nanti program sudah exit. Peran-peran yang awalnya dilakukan oleh MM-DD pelan-pelan akan dialihkan kepada lembaga lokal tersebut, namun masih tetap dalam pengawasan. ISM kedepan agar menjadi lokomotif ekonomi untuk mitra khususnya dan masyarakat semarang utara ada umumnya.

     Shofiyatun dipilih oleh mayoritas mitra untuk menjadi ketua ISM dibantu oleh Kusmini (sekretaris) dan Kurtafiah (Bendahara). Bukan tanpa halangan dalam memulai proses pemberdayaan di Semarang Utara. Beberapa kali perjalanan terhambat karena kelompok-kelompok yang baru dibentuk “membubarkan diri” dengan berbagai alasan. Semangat di awal belum tentu akan berlanjut, apalagi orang-orang “opotunis” yang sebenarnya mampu tapi mengaku miskin.

   Halangan tidak manjadikan progam ini ‘mutung’, kejadian kejadian tersebut tidak menyurutkan rokhis (Pendamping) untuk terus berusaha mengajak para pedagang ikut program. Penyadaran membutuhkan proses panjang dan waktu yang tidak singkat. Semoga program ini mampu memberikan manfaat signifikan untuk masyarakat Semarang Utara.

{fcomment}

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *