Manfaat Berqurban yang Perlu Diketahui

Masih ingat, kisah Kang Maman dan Mak Yati, keluarga pemulung yang berkurban 2 ekor kambing ke masjid Al Ittihad Tebet. Walaupuan niatnya sempat ditertawakan oleh tetangga dan teman seprofesinya namun niat sudah di ubun-ubun. Walaupun sehari pendapatannya hanya 25 ribu, ia selalu menyisihkan untuk membeli kurban, sampai akhirnya ia mampu membeli 2 ekor kambing kurban. Peristiwa langka yang kemudian heboh di media, ini memang peristiwa langka bagaimana seorang pemulung qurban 2 ekor kambing.

Hal yang membuat orang penasaran, kenapa ada orang yang sungguh-sungguh berniat berkurban sampai ada rela menyisihkan dari penghasilan yang sedikit. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika orang berkurban.

  1. Bersyukur terhadap nikmat dari Allah SWT. Allah memberikan kita rizki yang sangat melimpah, kehidupan, kesehatan, kekayaan merupakan rizki yang diberikan oleh Allah. Salah satu hal yang bias dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur adalah dengan berkurban.
  2. Berkurban merupakan ciri keimanan. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat sholat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Contoh Keimanan juga ditunjukkan oleh Ibrahim AS ketika Alloh perintahkan dalam mimipinya untuk menyembelih Ismail AS tanpa keraguan. Kekuatan iman yang kemudian Allah ganti dengan seekor biri-biri (sembelihan yang besar). Kisah indah yang tertuang dalam Ash Shaaffaat: 102-107.
  3. Setiap helai bulu hewan kurban merupakan kebaikan. Setiap bulu atau helai dari hewan kurban tersebut dinilai kebaikan atau amal. Berkurban memiliki pahala senilai setiap helai bulu hewan qurban. Pernyataan tersebut berdasarkan sebuah hadist, dari Zaid bin Arqam bertanya kepada Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah SAW apakah kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim. Mereka kemudian bertanya lagi, “Apa keutamaan yang akan kami peroleh dengan berqurban?”Rasulullah SAW menjawab, “Setiap helai rambutnya adalah satu kebaikan,” Mereka bertanya, “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap helai bulunya juga bernilai satu kebaikan,” [HR Ahmdan dan Ibn Majjah]
  4. Berkurban merupakan sebagian dari syiar agama islam. Setiap akan menyembelih hewan kurban disyariatkan untuk menyebut nama Allah dan berserah dirilah kepada Allah SWT.
  5. Memperbanyak rezeki bagi orang yang berkurban. Bagi orang yang melaksanakan kurban, niscanya rezekinya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. jika Anda menyisihkan sebagian harta Anda di jalan Allah SWT, termasuk berkurban, maka akan mendapat balasan yang berlipat ganda. Asalkan niat kurban tersebut ikhlas, dan tidak mengharapkan balasan kebaikan atau pujian dari pihak lain. Dengan jaminan Allah SWT seperti ini, masih ragukah Anda untuk berkurban?
  6. Menumbuhkan jiwa solidaritas. Berqurban dapat meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama. Apabila kita termasuk orang yang cukup dalam hal harta, hendaknya kita menyisihkan sebagian harta kita untuk berqurban dimana kemudian qurban tersebut dibagikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.
  7. Mensejahterakan peternak lokal. Sudah menjadi rahasia umum bahawa kebanyakan peternak rakyat di Indonesia masih tergolong miskin. Rata-rata peternak lokal hanya memiliki 2-3 ekor ternak yang pengelolaannya juga menjadi sampingan selain pekerjaan utama seperti bertani. Peningkatan pendapatan peternak lokal sudah berusaha dilakukan oleh Kampoeng Ternak divisi peternakan Karya Masyarakat Mandiri (KMM) sejak tahun 2000 melalui program-program pemberdayaan yang dilakukan. Momen idul Adha menjadi momen yang dimanfaatkan oleh KMM untuk membantu mensejahterakan peternak dengan membeli dan menjual ternak peternak lokal dengan harga lebih tinggi dari pada harga tengkulak. Dengan model seperti ini diharapkan kesejahteraan peternak ikut terkerek dengan lakunya ternak mereka.

Guna membantu pemasaran mitra peternak , KMM menyelenggarakan program Grosir kurban. Program melakukan penjualan Sapi, Kambing dan Domba milik mitra pemberdayaan di seluruh Indonesia.

Informasi tentang Grosir Qurban bisa menghubungi

Rizal  Achmad Zein   Telp/wa : 0812-9602756  Pin bb : 2ad38645

 

2 replies
  1. Arifudin
    Arifudin says:

    pemilihan hewan kurban haruslah teliti, dan cara pemotongannyapun harus baik dan benar karena keafdolan dan kesempurnaan ibadah yang kita harapkan, semoga kurban ini membawa keberkahan

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *