Masyarakat Mandiri Latih Keamanan Pangan Pedagang Bakso se-Jaksel

Jakarta -Berita mengenai keamanan dan kehalalan pangan hampir setiap hari menghiasai media massa.  Tingginya intensitas pemberitaan menggugah membuka berbagai pihak tentang kenyataan akan rapuhnya kondisi keamanan pangan kita. Beberapa macam komponen makanan yang sering disalah gunakan antara lain  pewarna sintetis, pemanis buatan, bahan pengawet seperti boraks dan formalin zat tersebut tidak bisa digunakan sembarangan apalagi untuk makanan karena dapat membahayakan kesehatan manusia. Bukan hanya bahan tambahan makanan, maraknya daging yang tidak halal yang dijual ‘bebas’ membuat masyarakat tambah resah.

PT. Miwon dengan Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa memiliki concern terhadap permasalahan yang dihadapi para pedagang makanan. Salah satu komitmennya adalah dengan mengadakan  Pelatihan Keamanan  dan Kehalalalan Pangan yang dilaksanakan pada Selasa(17/05) bertempat di Kelurahan Pasar Minggu  Jakarta Selatan. Pelatihan ini menhadirkan Dinas Kesehatan dan LPPOM MUI Jakarta. Pelatihan dihari 50 pedagang bakso se Jakarta Selatan yang sudah menjadi mitra program pedagang tangguh. Program Pedagang Tangguh merupakan salah satu program pemberdayaan yang salah satu tujuannya dalah memberikan edukasi kepada para pedagang mengenai pentingnya menjajakan dagangan yang sehat dan halal.

Program Pedagang yang sudah berjalan selama 4 tahun ini adalah program kerjasama PT Miwon dengan Dompet Dhuafa yang pelaksanaannya dilakukan oleh Karya Masyarakat Mandiri sebagai salah satu corporate enterprise yang bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat. Program pedagang tangguh ini menyasar kepad pedagang bakso keliling di Jakarta Selatan. Pedagng bakso memang riskan terkait isu-isu keamanan dan kehalalan pangan tertama terkait kehalalan. Banyak ditemukan oknum pedagang bakso yang menggunakn daging non-halal ikut berimbas kepada pedagang bakso lain.

Dengan pelatihan ini diharapkan para pedagang bakso sadar atas keinginan sendiri untuk tidak menggunakan bahan tambahan makanan berbahaya dan tidak menggunakan bahan baku non halal untuk memproduksi baksonya. Kesadaran yang akan merubah manusia menjadi lebih baik. (KMM/Slamet/Tisna)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan