Masyarakat Mandiri salurkan Sedekah Ternak untuk Peternak Sukabumi

Sukabumi – Sedekah Ternak salah satu program Karya Masyarakat Mandiri  dalam upaya memberdayaan peternak Dhuafa diseluruh pelosok wilayah nusantara. Sabtu (23/04) dilakukan serah terima 6 ekor ternak domba kepada penerima manfaat di Pasir Awi Rt.11 Rw.03 Palasari Girang, Kalapa Nunggal, Sukabumi Jawa Barat. Penyerahan dilakukan oleh Diftya mewakili ibu Novia Fatma Putri selaku donator.

Diftya mengapresiasi model sedekah ternak yang dilakukan oleh Karya Masyarakat Mandiri. Karena tidak hanya menyalurkan sedekah namun juga mendampingi penerima manfafaat sampai berhasil. “Saya  tidak menyangka, dan sangat antusias dengan apa yang dilakukan kelompok. Dimana kita tidak hanya meyalurkan ternak aja, tetapi kita dampingi si penerima manfaat semaksimal mungkin agar berhasil menjaga amanahnya” ujarnya

Penerima ternak langsung dimasukan kedalam kelompok binaan dibawah paguyuban Ternak dampingan Karya Masyarakat Mandiri. di kelompok akan diajarkan bagaimana cara beternak yang baik, dalam hal perawatan, pakan dan kesehatan ternak tersebut. “Nanti (sedekah ternak) akan merekomendasikan pada teman-teman saya” lanjutnya semangat.

Program Sedekah Ternak mempunyai mimpi mampu memberdayakan 1000 Kepala Keluarga tidak mampu ( Dhuafa ) dan atau mereka yang seluruh waktunya didedikasikan untuk memakmurkan masjid dan mengembangan ilmu pengetahuan islam dan ilmu pengetahuan umum di Pesantren-Pesantren yang ada di pelosok daerah. Ini dilakukan agar mereka tetap bisa melakukan aktivitas sosialnya sehingga tidak bingung untuk menafkahi keluarga. Pada gilirannya masyarakat disekitar masjid dan pesantren akan mendapatkan dampaknya dalam peningkatan ilmu pengetahuan dan ekonomi

Penerima manfaat akan diberi sepasang ( sejodoh ) ternak domba / kambing atau Sapi / Kerbau sebagai modal usaha atau asset produktif untuk sumber penghasilan keluarga. Selain mendapat sepasang ternak, Para penerima manfaat akan menerima pembinaan dan pendampingan dari Karya Masyarakat Mandiri terutama dalam hal teknis pemeliharaan ternak.Donatur juga bisa mengunjungi ternak sedekahnya sambil silaturahmi dengan penerima manfaat dilokasi ternak tersebut dipelihara.

“Alhamdulillah, terimakasih atas adanya kegiatan sedekah ternak ini. Kegiatan ini bisa membantu warga sekitarnya dengan memberikan modal (berupa ternak) agar bisa miningkatkan pendapatan masyarakat” ungkap Ust. Harun Ketua Kelompok Peternak Desa Pasir Awi. (Maman/Slamet)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan