Menghadapi MEA, MM-DD Adakan Pelatihan Branding

Bogor. Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015 menuntut UKM untuk mampu bersaing dengan produk dari Negara-negara lain terutama di ASEAN. Bersaing dalam segi produk, kulitas kuantitas dan branding serta harga. Sampai saat ini belum banyak UKM terutama produk rumahtangga yang siap untuk bersaing, hanya yang UKM bermodal saja yang sudah menyiapkan produk dari segi kualitas maupun branding produknya.

Masyarakat mandiri (MM) Dompet Dhuafa (DD) dan Indonesia Berdaya (IB) yang focus pada pemberdayaan Masyarakat ingin meningkatkan kualitas, branding dengan strategi pemasaran untuk meningkatkan usaha mitra dampingan. Kamis (17/7) MM-DD dan IB mengadakan pelatihan branding dan marketing di Aula Dzikir Rumah Sehat Terpadu Desa Jampang, Kemang Bogor yang diikuti oleh 20 mitra dampingan yang mewakili wilayah dampingan se-Jabodetabek.

Dalam sambutannya Armie Robi, Direktur Eksekutif Masyarakat mandiri berharap dengan pelatihan ini ada peningkatkan produk mitra sehingga mampu bersaing dengan produk dari luar. “Produk Mitra harus mampu bersaing di Pasar bebas karena Indonesia akan memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean. Mitra harus siap dengan serbuan barang dari Negara lain”, ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya kemasan produk yang menarik sehingga mampu memikat konsumen untuk membelinya.

Kegiatan ini tidak hanya sekedar pelatihan namun juga sarana konsultasi gratis bagi mitra tentang cara membranding produk mereka. Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah pendampingan yang berkesinambungan sampai produk mitra mempunya branding dan diterima oleh pasar.

Fahri, narasumber juga menyampaikan bahwa Negara tetangga seperti Malaysia produk UKM difasilitasi oleh pemerintah dari segi branding sampai dengan marketing. Produk-produk seperti asam jawa saja sudah dikemas dan mempunyai branding sedemikian rupa, membuatnya menarik untuk konsumen. “kita siapkan untuk berubah, kita siap nggak untuk beda” ujar Pemenang Wirausaha Mandiri ini.

{fcomment}

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan