Mustahik Move to Muzakki, Bisa !!

Workshop sosialisasi Program di Serang Banten (29/4). (Foto: Rudi/MM)

BANTEN- Dompet Dhuafa kembali menggebrak Indonesia dengan meluncurkan program pemberdayaan bertema Mustahik Move to Muzakki (M3). Program ini menyasar kepada masyarakat di kantong-kantong kemiskinan.

Program M3 ini diharapkan sebagai role model program pengentasan kemiskinan di Indonesia. Bersama Masyarakat mandiri Jejaring Ekonominya, Dompet Dhuafa mengarahkan program kepada komunitas nelayan kerang di Kasemen, Kota Serang. Sebagai daerah pesisir rujak beling tergolong wilayah miskin yang kebanyakan penduduknya adalah nelayan.

Rabu (29/4) dilaksanakan workshop sosialisasi program yang dilaksanakan di Sekretariat Koperasi ISM Sinar Abadi yang berlokasi di Kp. Rujak Beling RT17/03, Kelurahan Margaluyu, Kasemen-Serang. Workshop ini untuk mensosialisasikan program M3 kepada masyarakat dan pemangku kepentingan di wilayah tersebut.

Dalam workshop ini juga disampaikan hasil pemberdayaan yang selama ini sudah dilakukan. Sebelumnya program pemberdayaan dilakukan bersinergy dengan Keluarga Muslim Citibank (KMC).

Ada beberapa poin yang sebenarnya telah mampu dicapai program sebelumnya diataranya adalah mampu meningkatkan  pendapatan sebesar 20 % dan terlepasnya penerima dari belenggu rentenir. Namun peningkatan tersebut dirasa masih belum mampu berdampak segnifikan terhadap kondisi ekonomi masyarakat.

Program M3 diharapkan mampu melanjutkan tren positif peningkatan ekonomi yang selama ini sudah di capai. Dengan target peningkatan pendapatan 2 kali UMK, tidak sedikit dana yang dikeluarkan sebagai modal. “kami ingin program bisa dioptimalisasikan dengan baik. karena target dari program ini adalah  meningkatnya pendapatan penerima manfaat sebesar 2 kali UMK. Makanya nanti nelayan akan diberikan batuan modal 3 bagan per orang. “ jelas Tendy, General Manager Ekonomi Dompet Dhuafa.

Kesungguhan Dompet Dhuafa dalam pengentasan kemiskinan patut di apresiasi. Karena dengan memberikan modal awal 3 bagan perorang dengan biaya bagan sbesar 12 juta rupiah setidaknya Dompet Dhuafa menyediakan modal 36 juta perorang. Belum pernah ada lembaga yang bersedia mengeluarkan sebesar itu.

“Kami mengapresiasi program ini dan kami ucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang telah melaksanakan program ini dan kami mendukung penuh program ini.  Saya juga berharap koperasi terus maju dan berkembang sehingga mampu berperan dalam mensejahterakan masyarakat, Ungkap Chaerudin, Lurah Margaluyu .

Tidak hanya kepada program, apresiasi juga diberikan kepada masyarakat yang bersemangat untuk megikuti program. “Saya terharu dan bangga dengan semangat mitra di sini” Ungkap Agung, Perwakilan KMC. Semangat mitra menjadi satu pertanda baik akan keberhasilan program.

Dengan dukungan dari stakeholder yang kuat, harapan keberhasilan program akan semakin terbuka lebar. Berbagai kebijakan bisa diarahkan untuk mendukung program ini. Model sinergi seperti ini merubah Mistahik menjadi Muzakki bukanlah mimpi. {fcomment}

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan