Paguyuban Mitra Jaya Tani Belajar Pertanian Organik Ke IPB

BOGOR. Dinginnya udara pagi dan jarak  tak menyurutkan langkah para 28 petani Anggota Paguyuban Sumber Jaya Tani Cipanas, Cianjur untuk belajar mengenai pertanian organic ke Institut Pertanian Bogor (IPB). Para petani (23/08) diajak belajar dan kunjungan langsung kelapangan di komplek Agribusiness Development Station (ADS) IPB di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga.

ADS sendiri merupakan  unit perkebunan milik Institut Pertanian Bogor merupakan lembaga bergerak dalam bidang usaha pertanian organic. ADS IPB telah memiliki pengalaman baik dalam bidang budidaya dan bisnis sayuran organik. Selain itu, ADS IPB telah menjalankan konsep pertanian modern yang linier dengan konsep pasar modern saat ini.

Pada kesempatan tersebut petani di ajak berkeliling mulai dari packaging house­ hingga Green House dan diberikan pelatihan pembuatan pupuk cair. Dengan langsung belajar di lapanga diharapkan Petani dan Pengurus Paguyuban mengetahui praktek pertanian modern dalam bentuk pengaturan pola tanam, pemupukan dan pascapanen.

Kunjungan ini sebagain komitmen Karya Masyarakat Mandiri (KMM) dalam dalam memberdayakan masyarakat. Salam proses pemberdayaan selain merubah mainset juga diberikan pelatihan budidaya, penanganan hingga pemasaran sehingga setelah petani mampu mandiri. Program ini merupakan bagian dari Program Green Horti – Move Mustahik To Muzzaki Cianjur, program kerjasama dengan Dompet Dhuafa. Program yang mulai sejak tahun 2015 ini memberikan edukasi mengenai pertanian sehat dan permodalan pertanian  kepada 30 petani di Cipanas, Cianjur. (KMM/Zahrul)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *