PELATIHAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG BAKSO SE-JAKARTA SELATAN

JAKARTA . Masyakat mandiri (MM) Dompet Dhuafa (DD) Bekerjasama dengan PT Miwon Indonesia mengadakan pelatihan motivasi kewirausahaan pada hari kamiS (16/1) untuk pedagang bakso keliling se Jakarta Selatan. Pelatihan dilaksanakan di Aula Kelurahan Pasar Minggu Jakarta selatan jl. Raya Ragunan Kelurahan Pasar Minggu Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pelatihan motivasi ini diikuti oleh 100 pedagang bakso yang telah mengikuti program pemberdayaan pedagang tangguh miwon sesi ke 3 yang merupakan lanjutan prog ram pedangang tangguh 1 dan 2. Pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi para pedagang bakso untuk lebih maju dan bersemangat dalam berusaha. Pihak kelurahan pasar minggu mendukung kegiatan seperti ini karena dengan pelatihan para pedagang bakso mendapatkan manfaat ilmu baru. Harapannya juga pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kualitas dan pendapatan para pedagang . “Terima kasih kepada MM yang telah memfasilitasi kegiatan untuk para pedagang bakso se Jakarta Selatan terutama yang berdomisili di Kelurahan Pasar Minggu. Mudah-mudahan hasil dari kegiatan ini, usaha para pedagang bakso semakin besar sehingga pendapatannya bertambah” ungkap ibu Royati, SE selaku sekretaris Kelurahan Pasar Minggu dalam sambutannya.

Program pemberdayaan pedagang tangguh 3 sudah berjalan selama tiga bulan. Dalam program ini para pedagang bakso diberikan modal berupa Gerobak lengkap dengan peralatan pembuatan bakso. selama kurun waktu tersebut mitra sudah merasakan manfaat dengan makin ramenya daganganya di banding sebelumnya, seperti yang diungkapkan oleh bapak Wakiman peserta dari Kebagusan ’ Dulu (dagang) gak rame, sekarang (setelah ikut program) nambah rame” tandasnya. Tujuan dari program ini memang untuk meningkatkan pendapatan pedagang bakso dengan cara meningkatkan kapasitas SDM dan kualitas produk. Isu kehalalan bakso menjadi sensitif di masyarakat,maka dalam program ini MM-DD memberikan pendampingan langsung kepada para pedagang bakso dan memberikan pelatihan secara berkala. Pelatihan-pelatihan seperti ini akan terus berlanjut ke beberapa tahap selanjutnya terkait kehalalan dan hiegenitas pangan terutama bakso dalam proses pembuatannya. Hal ini disampaikan oleh Cahyo selaku Manager CSR PT Miwon Indonesia, “Pelatihan ini penting buat para pedagang bakso, maka nanti akan ada tahap-tahap pelatihan berikutnya tentang kehalalan dan higienitas bakso”.

Para pedagang bakso yang hadir berharap pelatihan ini dapat bermanfaat dan lebih termotivasi untuk mengembangkan usahanya. ‘Terima kasih kepada DD dan Miwon atas bimbingan dan binaannya, semoga (kegiatan) ini ada keberkahan dan kesuksesan sehingga bisa meningkatkan pendapatan “ tukas pak Suparto pedagang bakso dari Mampang.

Pelatihan ini menghadirkan pengusaha muda Saptuari Sugiharjo, pemuda asal Jogjakarta pemilik Kedai Digital yang sudah memiliki 65 cabang di 37 Kota di seluruh indonesia.

Semangat kemandirian harus senantiasa ditularkan kepada siapapun untuk mewujudkan #Indonesia Berdaya…

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan