Pelatihan Wirausaha Perempuan Eretan

Hari Selasa (10/03), diadakan Pelatihan Kewirausahaan di Gd. Sekolah Yayasan Hasanudin Jl. KUD Mina Bahari, Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu. Pelatihan ini dilaksakanan oleh Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa,  yang merupakan bagian dari program Perempuan Wirausaha (PERWIRA). Program ini merupakan program pemberdayaan yang fokus kepada perempuan pelaku usaha di desa Eretan Kulon dan Eretan Wetan. Usaha-usaha yang dikembangkan adalah usaha bidang perikanan dari produk hasil olahan ikan sampai produk turunannya.

Program PERWIRA telah berjalan selama 8 (delapan) bulan dan masyarakat yang bergabung dalam program (mitra) sebanyak  76 orang. Usaha mitra kebanyakan adalah penjual ikan dan pengolah ikan, seperti teri, ikan asin jambal dan rebon. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan merubah cara berfikir mitra. Rata-rata mitra usahanya tergolong usaha kecil, tidak berubah dari dulu. Program PERWIRA memberikan pembekalan keahlian dan motivasi supaya masyarakat lebih kreatif, lebih termotivasi untuk mengembangkan usahanya tidak hanya sekedar jadi dan laku tapi juga bisa bersaing produk-produk buatan pabrik.

Pelatihan sendiri  ini mendorong mitra supaya termotivasi dalam berusaha dan bisa memajukan usahanya. “Pelatihan ini hanya satu bagian, setelah in akan ada lagi pelatihan-pelatihan berikutnya. Makanya ibu-ibu harus semangat, harapan kami dari Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa setelah pelatihan ini ibu tambah lagi motivasinya, tambah semangat usahanya  dan bertambah pendapatannya “ ujar Leni Marlina, Supervisor Program PT Karya Masyarakat Mandiri.

Pelatihan ini disampaikan oleh Zainal Abidin, Direktur Social Entrepreneur Academy Dompet Dhuafa. Materi yang disampaikan ‘monyetpun bisa nyari duit “. Tiga puluh ibu-ibu yang hadir terlihat antusias dengan materi yang disampaikan. Antusiame memang terlihat dari relanya ibu ibu untuk hadir dipelatihan dengan meninggalkan sejenak aktivitas usaha hariannya. Namun apa yang mereka lakukan terbayar dengan  hasil pelatihan yang mereka dapatkan ” Dengan bantuan dan pelatihan ini membuat saya menjadi semangat untuk berusaha lebih baik lagi untuk meningkatkan pendapatan dan ekonomi saya ” ujar liya,salah satu Peserta  Pelatihan. Manfaat lain dari pelatihan juga di sampaikan oleh  Peserta yang lain “Pelatihan ini mengajarkan kami untuk bisa menyiapkan masa depan salah satunya dengan menabung “ 

Pemberdayaan bukan sekedar memberi, namun bagaimana mampu mendorong masyarakat untuk bisa mandiri dan berdiri sendiri tanpa menggantungkan hidup pada belas kasihan orang lain. Pemberdayaan  Perempuan untuk #Indonesiaberdaya

{fcomment}

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan