Pemberdayaan Ekonomi Korban Tsunami Ciamis

Desa Legok Jawa merupakan salah satu desa yang terkena dampak tsunami 17 Juli 2006. Desa ini tergolong desa yang paling parah terkena dampak tsunami, karena selain lokasinya tepat di pinggir pantai selatan, antara pantai dengan desa hampir tiada batas. Terdapat satu kampung yakni kampung Cibuluh yang tergolong terisolir dari kampung lainnya. Kedua jembatan yang menghubungkan ke kampung lainnya hilang terbawa air laut.

Untuk pemulihan, Dompet Dhuafa membentuk tim recovery ekonomi . Harapannya kampung ini menjadi sebuah kampung reform, di mana bantuan usaha yang diberikan akan menjadi aset bagi kampung tersebut. Sejak Agustus 2006 Dompet Dhuafa menunjuk Masyarakat Mandiri untuk menjalankan program recovery ekonomi di desa Legok Jawa.

Tujuan:
Menumbuhkan kembali aktivitas ekonomi masyarakat di Legok Jawa yang terkena Musibah tsunami melalui pola pendampingan usaha.

Periode Program:
1428-1429 H / 2007-2008 M

Lokasi:
Kampung Logodor, Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Ciamis

Pemetik Manfaat: 
98 KK 490 jiwa

Capaian Program:
Lembaga lokal membentuk Koperasi Syariah ISM Bangkit Bersatu

Pemetik manfaat koperasi dan kelompok-kelompok naungannya tak hanya di Kampung Logodor, namun meluas terdiri empat kelompok dari empat dusun.

Kelompok-kelompok yang ada menaungi beberapa jenis pekerjaan, seperti petani, nelayan, peternak, dan aneka usaha.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan