Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Perkotaan : Kerjasama dengan Kusuma Tiara

Selain sebagai Ibukota dan pusat pemerintahan Negara Indonesia, Jakarta merupakan Kota Metropolitan yang berkembang sebagai pusat bisnis dengan tingkat kemajuan perekonomian yang pesat ketimbang daerah lain. Fakta ini mengundang minat eksodus atau urbanisasi penduduk pendatang dari berbagai daerah ke Jakarta, dengan tujuan hendak mengadu nasib. Bagi para penduduk yang tidak memiliki kualifikasi dan saluran-saluran memperjuangkan klas sosio-ekonominya, akan tersisih dengan keterbatasan pilihan mata pencaharian yang ada.

Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah Jakarta Barat merupakan salah satu potret wajah masyarakat ‘terpinggirkan’ yang ada di Jakarta. Dari aspek demografis, komposisi polulasi yang ada terbentuk oleh bervariasinya latar belakang georafis, kultural dan agama. Ketiadaan akses melakukan mobilitas sosial vertical menyebabkan kemiskinan struktural di Kemanggisan. Upaya yang dilakukan menyikapi hal tersebut selama ini bersifat subsisten dengan menjadi pedagang / pelaku usaha mikro misalnya. Selama ini kemiskinan di satuan sosial terkecil yakni rumah tangga kerapkali hanya mengandalkan peran suami dan kerapkali mengabaikan perempuan.

Lembaga Dompet Dhuafa melalui jejaring ekonomi Masyarakat Mandiri yang bersinergi dengan Koperasi Kesuma Tiara memiliki perhatian terhadap isu kemiskinan masyarkat perkotaan, serta menggagas suatu program pemberdayaan ekonomi dengan memposisikan perempuan di perkotaan tersebut sebagai subjek utama dan diyakini mampu membeikan dampak signifikan terhadap pengelolaan ekonomi dan membangun basis kesejahteraan keluarganya. Adapun bentuk program yang dilakukan berupa; pembiayaan, pembinaan, pelatihan peningkatan kapasitas mitra/lembaga lokal, pembentukan kader lokal, hingga pemandirian program dengan terbentuknya kepengurusan dan optimalisasi peran Ikhtiar Swadaya Mitra (ISM) atau suatu Koperasi Syari’ah.

TUJUAN:

Terberdayakannnya kaum perempuan pelaku usaha mikro/pedagang dalam turut meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga di perkotaan – Jakarta Barat.

OUTPUT:

  • Meningkatnya kapasitas dan pendapatan pelaku usaha mikro perempuan di perkotaan.
  • Terbangunnya kemandirian lembaga lokal yang berbasis peran-serta pemberdayaan ekonomi kaum perempuan perkotaan.

PEMETIK MANFAAT:
Warga perempuan pelaku usaha mikro/pedagang Kelurahan Kemanggisan- Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan