Pemberdayaan Perajin Batik Tulis Imogiri Bantul

Gempa bumi yang melanda Jogjakarta dan Jawa Tengah, mengakibatkan hilangnya aset produktif dan peluang ekonomi bagi para pelaku usaha, di antaranya yang berada di Kabupaten Bantul dan sekitarnya. Dampak tersebut dirasakan sangat berat terutama bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang selama ini memiliki modal terbatas. Aset usaha yang mereka miliki berupa peralatan dan rumah produksi banyak yang hilang dan rusak tertimpa bencana.

Hingga tiga bulan pasca bencana, ternyata masih banyak pelaku usaha ekonomi dengan skala mikro yang belum memulai kembali melakukan aktivitasnya. Ini dikarenakan ketiadaan aset, baik berupa modal maupun alat produksi untuk berusaha kembali. Termasuk di antaranya para perajin batik tulis di sekitar makam Imogiri.

Tujuan:

  • Menumbuhkan kembali aktivitas ekonomi para pelaku usaha mikro dan kecil, khususnya perajin batik di wilayah Kabupaten Bantul.
  • Meningkatkan peranan lembaga lokal dalam memfasilitasi para pelaku usaha kecil pasca gempa untuk mengakses kemudahan pembiayaan, dukungan teknis dan pemasaran produk baik skala lokal, nasional maupun internasional.

Capaian Program:

  • Para mitra perajin batik telah menerapkan inovasi dengan penggunaan pewarna batik dari bahan alami, selain membuat beragam produk batik seperti tas dan kerajinan kayu.
  • Perajin batik membentuk wadah Paguyuban Seni Batik Tulis Giriloyo.
  • Paguyuban telah memiliki show room tempat promosi batik karya perajin.
  • Paguyuban telah memiliki workshop di tiga tempat sebagai tempat bekerja usaha bersama para mitra perajin batik.
  • Para mitra mampu mengikuti berbagai pameran berskala lokal, nasional dan internasional untuk kepentingan promosi secara berkala.
  • Paguyuban menjadikan Giriloyo sebagai tempat wisata batik tulis, serta belajar membatik.

Periode Program:
1428-1429 H / 2007-2008 M

Lokasi:
Dukuh Karangkulon, Cengkehan dan Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

Pemetik Manfaat:
103 KK 515 jiwa

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan