Pendampingan Pengrajin Usaha Mikro Masyarakat Pesisir berbasis Produk Aneka Olahan Ikan di Sidoarjo

Pengembangan usaha disektor tambak ikan, udang dan kerang di daerah pesisir ternyata berpotensi untuk menghasilkan nilai tambah lain berupa produk-produk turunan yang dapat menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi nelayan dan petani, produk tambahan tersebut yaitu kerupuk ikan, udang, kerang, kupang dan petis serta terasi.

Akan tetapi, potensi yang luar biasa tersebut ternyata memiliki kendala dalam pengembangannya. Ada beberapa permasalahan yang cukup sulit sehingga menyebabkan perkembangan produk turunan yang dikembangkan oleh industri rumah tangga ini menjadi terhambat dan tidak berkembang. Permasalahan tersebut adalah dari segi permodalan, kelompok, pemasaran, teknologi informasi dan tepat guna.

Padahal daerah tersebut memiliki potensi bahan baku yang melimpah untuk pembuatan produk seperti kerupuk ikan, udang, kerang, kupang dan petis serta terasi. Bahan baku tersebut ada yang sudah dibudidayakan tetapi tidak sedikit yang masih dijumpai di alam bebas, sehingga potensi inilah yang menyebabkan daerah tersebut dapat menjadi pusat produksi industri rumah tangga produk turunan berupa kerupuk ikan,udang, kerang, kupang dan petis serta terasi. Pengembangan usaha produk turunan ini memiliki nilai strategis dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat terutama petani dan nelayan. Usaha pengembangan produk turunan ini akan menurunkan biaya operasional berlayar nelayan.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan