Pengadaan Sarana Air Bersih dan MCK Berbasis Masyarakat di Caringin, Kabupaten Bogor

Program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) merupakan salah satu program dan aksi nyata Masyarakat Mandiri dan masyarakat dengan dukungan PT Tirta Investama, untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan. Komponen kegiatan program terdiri dari 5 (lima), yaitu : 1) pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kelembagaan lokal; 2) peningkatan kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat, dan layanan sanitasi; 3) penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum; 4) insentif desa/kelurahan; dan 5) dukungan pelaksanaan dan pengelolaanprogram.

Program penyediaan sarana dan prasarana masyarakat seperti: sarana air minum,sanitasi dan kesehatan, akan efektif dan berkelanjutan apabila: berbasis masyarakat,melibatkan seluruh komponen masyarakat (perempuan dan laki-laki, kaya dan miskin)dan dilakukan dengan pendekatan tanggap terhadap kebutuhan dan keinginan(demand responsive approach). Tanggap terhadap kebutuhan berarti bahwa proyekmenyediakan sarana dan kegiatan yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat.

Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat bersedia untuk berkontribusi dan membiayai,serta bersedia mengelola dan memelihara sarana dan kegiatan secara sukarelasehingga terjadi proses pembentukan rasa memiliki (sense of ownership) terhadap hasilnya. Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha pemberdayaan masyarakat yangpartisipatif agar masyarakat mau dan mampu berpartisipasi secara aktif dalam menyiapkan, melaksanakan, mengoperasionalkan dan memelihara sarana yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakatdan lingkungan sekolah.

TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM

Tujuan program PHBS dengan pendekatan STBM ini adalah untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat wilayah site Aqua Danone (Ring I) Desa Ciherang Pondok dan Ciderum

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan