Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak Melalui Revitalisasi Posyandu yang Didukung oleh Usaha Ekonomi Produktif

Inilah sebuah ikhtiar mengikis salah satu problem kesehatan, dengan pemberdayaan ekonomi. Masyarakat Mandiri bergandeng tangan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), mendedikasikan ikhtiar ini untuk kepentingan menaikkan derajat kesehatan ibu dan anak melalui lembaga Posyandu. MM menggarap sisi pemberdayaan komunitas (termasuk ekonomi), yang beriringan dengan program kesehatan khususnya Posyandu yang ditangani oleh Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Republika. Posyandu sendiri merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Dengan model pemberdayaan komunitas, program ini menggarap sisi inisiatif dan pelembagaan masyarakat untuk keberlanjutan Posyandu.

Tujuan:
Meningkatnya fungsi dan kinerja Posyandu dalam mempertahankan dan/atau meningkatkan status gizi maupun derajat kesehatan ibu dan anak

Periode Program:
1428-1429 H/ 2006-2008 M

Lokasi:
Desa Kedaung, Kecamatan Mekarbaru, Kabupaten Tangerang

Pemetik Manfaat:
350 KK

Capaian Program:

  • Program ini terbukti bisa menekan problem gizi di bawah garis merah (BGM), dari sebelumnya 60%, – termasuk beberapa kasus gizi buruk – menjadi 20%.
  • Warga memiliki kelembagaan lokal koperasi serba usaha Lembaga Pengelola Posyandu, keberlangsungan Posyandu secara jangka panjang bisa didukung dengan aktivitas ekonomi.
  • Harapan menaikkan derajat gizi dan kesehatan ibu serta anak bisa berkesinambungan.
  • Koperasi telah memiliki unit-unit usaha: penggilingan padi berjalan (grandon), minyak tanah dan ternak itik.
  • Terekrut 23 kader Posyandu yang menjaga keberlangsungan aktivitas Posyandu berjalan selepas program.
  • Posyandu memiliki jaringan dan kerjasama dengan Pemda setempat, juga pihak terkait lainnya.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan