Peresmian Rumah Produksi Produk Olahan Ikan Sidoarjo

Sidoarjo – Setahun sudah Program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Berbasis Aneka Olahan Ikan dan Hasil Laut di Sidoarjo Jawa Timur. Di akhir program, Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa bersama lembaga local dan pemda setempat meresmikan Rumah Produksi Produk Olahan Ikan untuk mendorong peningkatan produksi dan penjualan hasil olahan mitra dampingan.

Peresmian Rumah Produksi adalah bagian dari workshop pemandirian komunitas. Event juga ini merupakan puncak dari rangkaian pemberdayaan masyarakat yang dijalankan Dompet Dhuafa. Workshop dan peresmian pada Rabu 9 Mei 2012 ini bertujuan untuk menyosialisasikan evaluasi akhir dari program yang telah berjalan tepat satu tahun, sekaligus pelepasan (pemandirian) program yang keberlanjutannya (sustainable) akan diteruskan oleh lembaga lokal yang telah terbentuk.

Lembaga local yang dibentuk bernama Ikhtiar Swadaya Mitra (ISM) Makmur Sejahtera. ISM yang telah dipersiapkan untuk berbadan hukum koperasi di tahun 2012. Workshop berisi pemaparan pencapaian program pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis aneka olahan ikan (hasil laut), menginventarisasi serta mengakomodasi umpan balik baik dari para stakeholder yang diundang terhadap program.

Peresmian rumah produksi yang dirancang satu atap dengan pemasaran (one stop marketing) produk mitra dampingan, seperti kerupuk kupang, kerupuk ikan payus, kerupuk udang, terasi udang, bandeng presto, otak-otak dan aneka ikan asin. Acara ini disertai juga penyerahan hibah asset produktif mesin pengiris kerupuk dan asset reform program kepada lembaga lokal ISM Makmur Sejahtera.

Dari Dompetdhuafa hadir GM Program Ekonomi Dompet Dhuafa; Tendy Satrio, Direktur Eksekutif Masyarakat Mandiri Armie Robi dan Tim Dompet Dhuafa Jawa Timur. Pemda setempat di ataranya hadir M. Sholeh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Sidoarjo, perwakilan Perempuan dan Keluarga Berencana, Akademi Perikanan Sidoarjo (APS).

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan