Program Kelompok Pengusaha Makanan Sehat (KPMS) Kerjasama dengan Hypermart

Seperti halnya di beberapa kota besar lainnya, di Kota Depok juga terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjajakan komoditas jualannya di jalan-jalan, terutama yang terklihat di sepanjang jalan Margonda raya. Aspek kemananan dari sanitasi, higienitas dan bahan tambahan pangannya seperti pewarna, pengenyal, pemanis, pengempuk, pengawet dan lain sebagainya dapat dinilai masih dalam kategori kritis. Tentunya fakta empiris di lapangan ini patut untuk mendapatkan perhatian dan penyikapanlebih lanjut.

Pada umumnya program yang membidik pada pedagang kaki lima dan pedagang pasar sebagai subjeknya, kerapkali masih banyak yang belum mengedepankan serta menerapkan aspek kesehatan baik dalam pengolahan maupun penyajiannya. Hypermart – Kota Depok yang bekerja sama dengan Lembaga Dompet Dhuafa, memiliki perhatian dan kepedulian pada permasalahan tersebut. Melalui jejaring ekonominya, Masayarakat Mandiri – Dompet Dhuafa menggagas adanya serta mengimplementasikan program Kelompok Pedagang Makanan Sehat (KPMS) di sekitar lokasi Hypermart-Depok. Program ini dapat memberikan informasi dan penyuluhan tentang makanan sehat, sehingga mampu mengubah kebiasaan sehat dalam pengolahan dan penyajian makanan. Hal ini akan sangat berbanding lurus dengan peningkatan citra serta pendapatan subjek program tersebut, serta pada gilirannya diharapkan juga mampu meningkatkan kesejahteraannya.

Program KPMS Hypermart-Depok adalah suatu kegiatan pendampingan program kelompok pengusaha makanan sehat dari salah satu program Masyarakat Mandairi (MM) – Dompet Dhuafa yang fokus bergerak di wilayah perkotaan (urban) Depok. Fokus utama program ini berupaya mengusung isu perubahan penggunaan BTP (bahan Tambahan Pangan) berbahaya ke BTP yang aman. Oleh karena itu perlu ada pendampingan dan pembinaan yang secara intens dalam mengawal serta membina perubahan sikap, perilaku dan pengetahuan. Tidak hanya terbatas pada hal tersebut, tetapi diperlukan adanya pembiayaan, pembinaan dan keberlanjutan program, maka perlu ada pengaderan dan penguatan lembaga lokal. Terkait hal ini dipandang penting adanya pelaporan, monitoring dan evaluasi dalam pencapaian tujuan program.

TUJUAN
Meningkatnya pendapatan rumah tangga pelaku usaha mikro makanan jajanan di Kotif Depok

PEMETIK MANFAAT
Kecamatan Beji – Kotif Depok – Jawa Barat.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan