Program Pemulihan Ekonomi Pasca Bencana Erupsi Merapi

Erupsi Merapi yang terjadi tanggal 26 oktober 2010 itu adalah awal dari segala kerusakan material maupun non material. Dampak erupsi Merapi bagi warga sekitar merapi diantaranya: kerusakan pada bentuk aset bangunan/rumah tinggal, perabotan rumah tangga, sarana transportasi dan juga kerusakan pada jenis asset ekonomi (usaha) lainnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa bencana erupsi Merapi telah banyak merusak berbagai jenis asset individu, sehingga berimplikasi pada berkurangnya nilai guna dari asset tersebut yang secara otomatis berimplikasi pada perubahan pola konsumsi warga dan ekonomi warga merapi tersebut.

Erupsi Merapi telah mengakibatkan kerusakan di berbagai sektor, termasuk ekonomi, sehingga kerugian yang harus ditanggung para pelaku ekonomi khususnya UMKM cukup besar. Hal yang dibutuhkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang kehilangan tempat tinggal, tempat usaha, dan tidak memiliki dana simpanan akibat bencana erupsi Merapi adalah pemberian bantuan alat produksi, modal usaha dan bahan baku untuk usaha tersebut.

Untuk tetap melanjutkan kelangsungan hidup para warga korban erupsi Merapi maka diperlukan program pemulihan ekonomi berbasis komunitas. Dan salah satu sektor yang sangat mungkin untuk dimunculkan adalah pemberdayaan pedagang dengan pemberian bantuan modal dan gerobak dagang. Tujuan Memulihkan ekonomi lokal di wilayah dampak erupsi Merapi. Pemetik Manfaat Warga pedagang Desa Umbulharjo di Kecamatan Cangkringan Jawa Tengah.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan