RAT Paguyuban Sehat Lestari

Paguyuban sehat lestari merupakan lembaga yang dibentuk melalui program Program Community Farming (CF) yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Karya Masyarakat Mandiri (KMM). Program yang dimulai pada tahun 2013 menyasar pada 100 petani di Desa Kedung Jati, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Program CF melakukan edukasi kepada petani mengenai pentingnya pangan sehat (bebas pestisida), pembenihan, budidaya hingga paska panen. Beberapa pelatihan telah dilaksanakan meliputi Character Buiding, pelatihan teknologi tepat guna dan budi daya padi organik. Selain pelatihan, program juga memberikan bantuan peralatan berupa mesin penggiling padi, saprotan, pengolah kompos dan benih..

Paguyuban Sehat Lestari, paguyuban yang dibentuk pada bulan Nopember 2013 oleh petani mitra program. Paguyuban diharapkan mampu mewadahi kegiatan anggota paguyuban dari mulai mengelola permodalan, bertanggung jawab terhadap peningkatan kapasitas petani hingga membuka pemasaran produk petani khususnya beras sehat.

Sekian lama terbentuk pada Kamis (09/06) Paguyuban melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk pertama kalinya. RAT dihadiri  90 orang mitra petani, dan stakeholder setempat. RAT menjadi bagian penting bagi paguyuban untuk mengevaluasi pencapaian organisasi maupun usaha serta menetapkan perencanaan usaha periode tahun berikutnya.

Selama ini Paguyuban Sehat Lestari telah berkembang lebih baik dari awalnya sebelum  program, saat ini paguyuban terlibat aktif dalam kegiatan penangkaran padi lokal Mustika Sari dan Mutiara juga praktek penerapan pertanian ramah lingkungan di desa kedungjati. Usaha Paguyuban Sehat Lestari adalah pengadaan sarana produksi (pupuk, benih dan obat), penjualan beras lokal serta beras sehat ramah lingkungan.

Semangat tampak dari pengurus paguyuban untuk melanjutkan cita-cita progam dalam pertanian padi yang ramah lingkungan. “Walaupun jumlah produksi beras sehat dan pasar masih terbatas namun paguyuban berkomitmen untuk terus memproduksi beras ramah lingkungan dan memperkenalkannya kepada masyarakat purbalingga” cetus Suparmin Ketua Paguyuban. Semoga Paguyuban Sehat Lestari mampu untuk eksis dengan pertanian ramah lingkungannnya amin. (Mustakim/Adhi NH)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan