Rayakan Hari Bumi Setiap Hari

Hari ini, tanggal 22 April diperingati penduduk dunia sebagai Hari Bumi. Moment ini merupakan suatu gerakan global untuk mengampanyekan peningkatan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Gagasan Hari Bumi muncul ketika seorang senator Amerika Serikat, Gaylorfd Nelson menyaksikan betapa kotor dan tercemarnya bumi oleh ulah manusia. Dari keprihatinan tersebut kemudian muncul inisiatif gerakan bersama para aktivis di beberapa LSM untuk mencurahkan satu hari bagi ikhtiar penyelamatan bumi dari kerusakan.

Di Indonesia sendiri peringatan Hari Bumi tidak sepopuler Hari Lingkungan Hidup. Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni diadakan untuk memperingati Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup di Stockholm di tahun 1972. Namun demikian walaupun berbeda sejarah kelahiran, namun esensi dari keduanya sama pentingnya yakni sebagai bentuk ajakan kebaikan untuk merawat bumi agar tak bertambah rusak.

Karena bumi adalah satu-satunya planet tempat manusia hidup maka sudah selayaknya manusia merawat dan menjaganya demi kelangsungan hidup bersama. Maka merawat bumi tidak hanya penting diperingati sebatas seremonial spada tanggal 22 April atau 5 Juni saja, tetapi perlu dilakukan aksi nyata setiap hari. Beberapa aksi nyata yang dapat kita lakukan antara lain mengurangi penggunaan plastik, menghemat penggunaan energi, menanam pohon, dan membeli produk lokal. Karya Masyarakat Mandiri (KMM)  salah satu Community Enterprise dimana aspek keberlanjutan adalah hal penting maka komitmen merawat bumi agar tetap lestari merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat yang kami lakukan. Sebagai contoh KMM telah melakukan pendampingan petani dengan konsep pertanian sehat dengan menggunakan pestisida nabati. Selain itu masih banyak aksi nyata lain yang bisa dilakukan sebagai wujud kepeduliaan kita kepada generasi penerus dengan menyediakan tempat tinggal yang baik. Dan aksi tersebut tak harus selalu berupa aksi besar. Langkah kecil seperti membuang sampah pada tempatnya mempunyai dampak besar bagi bumi. Maka jangan takut untuk beraksi dengan langkah kecilmu untuk menyelamatkan bumi. Sayangi bumi bagian dari menjaga Amanah Ilahi, sayangi bumi selamatkan generasi. And Everyday is Earth Day.

Selamat Hari Bumi! (Dessy)

 

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan