Revitalisasi Agro Industri ITTARA Subur Jaya (SJ) Dompet Dhuafa di Lampung

Berdiri tahun 1998, Industri Tepung Tapioka Rakyat (ITTARA) Subur Jaya (SJ) Dompet Dhuafa di Desa Tambah Subur, Way Bungur, Lampung Timur memproduksi tepung tapioka. Setelah beberapa kali berganti manajemen dan mengalami pasang surut produksi, industri berbasis rakyat ini dikelola oleh Masyarakat Mandiri pada 2007. Masyarakat Mandiri melakukan revitalisasi pada industri bagi petani singkong ini dengan beberapa kegiatan, di antaranya:

Pendanaan dari Dompet Dhuafa, dipergunakan untuk biaya investasi peremajaan alat dan perbaikan sarana pabrik termasuk perbaikan sarana penjemuran dan pembuatan sumur baru, serta modal kerja.

Kemitraan Manajemen. Dilakukan kemitraan dengan pengusaha ITTARA di Desa Bedeng 37 Lampung Timur, dengan pola kerja sama bagi hasil.

Produksi dan Kualitas. Berdasarkan 2 kali hasil uji coba giling, diperoleh hasil ITTARA SJ telah mampu menghasilkan aci yang standar dengan rendemen yang stabil dan cukup tinggi (> 20 %).

Pemasaran dan Kelayakan Usaha. Aci hasil uji coba giliing 1 dan 2, penjualannya tidak menemui kendala dan harga cukup kompetitif.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan