safari-ramadhan-subang

Safari Ramadhan ke Kebun Wakaf Produktif IB

SUBANG – Safari Ramadhan Karya Masyarakat Mandiri mengunjungi masyarakat Subang tepatnya di Desa Cirangkong, Kec. Cijambe, Selasa (5/06/2018). Agenda ini sebagai ajang silaturahim antara manajemen KMM dengan para mustahik/masyarakat penerima manfaat program Indonesia Berdaya (IB), Agroindustri Nanas dan Sentra Ternak Subang.

Hadir dalam acara petani nanas, peternak dan pengelola kebun wakaf produktif IB. Narasumber dari KMM, direktur utama, Jodi H. Iswanto dan Senior Advisor program kebun IB, Tendi Satrio. Acara berupa ramah tamah, diskusi dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Kebun wakaf IB seluas 8 hektar yang berada di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang, Jawa Barat. Di area perbukitan ini, lahan yang sebelumnya tidak menghasilkan, dibeli oleh Dompet Dhuafa dengan dana wakaf dan dirintis menjadi kebun produktif. Program ini dinamakan Indonesia Berdaya.

Awalnya lahan tersebut adalah kebun yang lama tidak terawat sejak sebuah perusahaan yang memproduksi buah nanas kalengan pada tahun 1993 bangkrut. Yang juga membuat petani seperti kehilangan bapak angkatnya untuk menjual hasil panen.

Ade Suherlan (59) mengaku baru kali ini para petani nanas bisa optimis untuk bangkit kembali. “Alhamdulillah yang tadinya kita dan rekan-rekan petani hampir putus asa, dengan kehadiran Dompet Dhuafa ini lah era kebangkitan petani nanas,” katanya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.