safari-ramadhan-serang-banten

Safari Ramadhan KMM Sambangi Karangantu, Serang

SERANG – Rangkaian agenda Safari Ramadhan Karya Masyarakat Mandiri (KMM) menyambangi program kerang hijau Karangantu, Serang, Rabu (30/5/2018). Rombongan KMM terdiri direktur utama, GM, manager FO, manager bisnis dan penyelia program. Sebagai tuan rumah perwakilan dari Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman.

Sebelum ke lokasi program rombongan silaturahmi ke RS Mata Achmad Wardi di Jalan Taktakan Raya, Kota Serang. Rumah sakit ini dibangun di atas tanah seluas 2.348 meter persegi yang diwakafkan oleh keluarga besar Haji Ahmad Wardi. Badan Wakaf Indonesia mendapat amanah sebagai nazhir, lalu menggandeng Yayasan Dompet Dhuafa Republika sebagai pengelola rumah sakit.

Setibanya di lokasi program, rombongan melihat bagan kerang di laut dengan kapal bermotor. Program di Karangantu ini kerja sama yang digagas Dompet Dhuafa dan BNI Syariah di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat dhuafa. Pemberdayaan ini berasal dari zakat karyawan dan zakat perusahaan BNI Syariah.

Saat ini fokus Dompet Dhuafa adalah memandirikan penerima manfaat secara ekonomi dengan intervensi program-program pemberdayaan yang digulirkan. Tujuannya adalah mendampingi para penerima bantuan sampai mereka mandiri dan menjadi muzzaki (orang yang berzakat).

Selain menyalurkan bantuan berupa bagan untuk nelayan, Dompet Dhuafa juga memberikan pendampingan berkala kepada nelayan. Tujuannya untuk memastikan semua proses budidaya sesuai standar dalam bentuk pendampingan berbasis komunitas.

Sebelum berbuka puasa diadakan tausiyah hikmah puasa. Materi tentang karakter orang beriman yaitu seyakin-yakinnya dengan apa yang kita lakukan, Allah SWT akan menolong kita. Berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan. Tidak melupakan doa sebagai pilar penting untuk mendapatkan pertolongan Allah SWT. [yun]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.