Seribu Ternak, Berjuta Berkah

Kampoeng Ternak Nusantara adalah salah satu jejaring Dompet Dhuafa yang lebih dari 10 tahun menjalankan program pemberdayaan berbasis peternakan kepada masyarakat. Sekarang ini, program peternakan tersebut sudah menjangkau 23 propinsi yang tersebar pada lebih dari 50 kabupaten di Indonesia, Ribuan orang telah menerima manfaat dari program peternakan tersebut. Kampoeng Ternak Nusantara akan terus memperluas daerah jangkauan sekaligus jumlah penerima manfaat. Sejak bulan Ramadhan tahun 2010, Kampoeng Ternak Nusantara meluncurkan program SEDEKAH TERNAK.

SEDEKAH TERNAK adalah program pemberdayaan yang terinspirasi dari kisah seorang sahabat Nabi yang amat miskin, dia datang kepada Nabi SAW sambil mengadukan tekanan ekonomi yang dialaminya. Nama sahabat tersebut adalah Tsa’labah, dia memohon kepada Nabi untuk berdo’a supaya Allah memberikan rezeki yang banyak kepadanya. Semula Nabi menolak permintaan tersebut sambil menasehati Tsa’labah agar meniru kehidupan Nabi saja. Namun Tsa’labah terus mendesak. Akhirnya Nabi kemudian mendo’akan Tsa’labah dan diberi sepasang ternak kambing. Dengan pemeliharaan yang sungguh-sungguh dan kerja keras, ternak kambingnya berkembang pesat sampai ratusan bahkan ribuan ekor, sehingga ia harus membangun peternakan agak jauh dari kota Madinah.

Terlepas dari kondisi Tsa’labah yang kemudian justru ingkar kepada Nabi, namun kisah di atas memberikan gambaran bahwa peternakan dapat menjadi media efektif dalam upaya pemberdayaan sosial ekonomi seseorang. Tentu saja, pemberian ternak kepada seseorang harus dibarengi pula dengan  pemberian keterampilan dan teknologi yang diperlukan, dan yang lebih penting lagi adalah penguatan mental spiritual sehingga menjadi peternak yang berhasil secara ekonomi maupun mental spiritual.

Target yang ingin dicapai pada program SEDEKAH TERNAK  tahun ini adalah terberdayakannya sebanyak 1000 KK (kepala keluarga) dengan pemberian bantuan berupa sepasang ternak domba/kambing atau sapi/kerbau per KK. Artinya ada 1000 paket ternak yang akan disebar ke masyarakat. Oleh karena itulah, motto program ini adalah SERIBU TERNAK BERJUTA BERKAH.

SEDEKAH TERNAK tahun ini akan dipersembahkan kepada para dhuafa yang aktifitas hidup sehari-harinya sebagian besar untuk memakmurkan masjid dan mengembangkan pesantren di pelosok negeri Indonesia. Dengan terberdayakannya para pemakmur masjid dan pengelola pesantren diharapkan warga masyarakat di sekitar masjid dan pesantren ikut merasakan manfaat berupa pertumbuhan ekonomi yang berbasis mesjid dan pesantren. Keluaran akhirnya adalah mesjid dan pesantren dijadikan pusat pengembangan ilmu agama dan ekonomi masyarakat.

PILIHAN PAKET SEDEKAH TERNAK

  1. SEPASANG TERNAK DOMBA/KAMBING  senilai Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) (seharga sepasang bibit ternak domba atau kambing ditambah biaya operasional pendampingan).
  2. SEPASANG TERNAK SAPI/KERBAU senilai Rp. 17.000.000,- (tujuh belas juta rupiah) (seharga sepasang bibit ternak sapi atau kerbau ditambah biaya operasional pendampingan).
  3. UANG senilai KURANGDARI Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Uang dari beberapa donatur akan digabungkan menjadi minimal Rp. 2.500.000,-. Setelah mencapai nilai minimal akan dibelikan sepasang ternak sesuai permintaan dari donatur.

DOWNLOAD FORMULIR (disini)

Informasi

PT Karya Masyarakat Mandiri
Divisi Kampoeng Ternak Nusantara
Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok E1
Jl. Ir. H. Juanda No. 50 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15419
Telp. 021 7425835 | Fax. 021 7418901 |Email: info@kampoengternak.or.id; cc: kampoengternak@yahoo.com
PHONE/SMS/WA: 0858 9065 8239