PT Karya Masyarakat Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Masyarakat Mandiri merupakan salah satu unit jejaring Dompet Dhuafa (DD) yang memiliki kegiatan melakukan pemberdayaan masyarakat, terutama di bidang ekonomi. Secara historis, Masyarakat Mandiri lahir dan berkembang tidak lepas dari peran Dompet Dhuafa yang berkhidmat pada pengelolaan zakat, infak dan shadaqah (ZIS).

    Kelahiran Masyarakat Mandiri berawal dari program pemberdayaan Dompet Dhuafa Republika, terutama pemberdayaan ekonomi, dalam bentuk bantuan permodalan perorangan dan pembangunan jaringan ekonomi umat dengan pendirian Baitu’l-Maal Wa’t-Tamwil (BMT) pada tahun 2000. Model pemberdayaan kelompok yang ada kemudian dikembangkan dengan dirintisnya Program Pengembangan Kemandirian Masyarakat (P2KM) yang kemudian dikenal dengan nama Masyarakat Mandiri (MM). Pada langkah awal (pilot project), kegiatan MM difokuskan di wilayah Bogor, Tangerang dan Bekasi. Kegiatan pemandirian masyarakat merupakan fokus utama kegiatan Masyarakat Mandiri dengan cara melakukan pendampingan kepada komunitas sasaran sebagai upaya untuk mengurangi kemiskinan.

    Periode P2KM yang berlangsung dari tahun 2000 hingga tahun 2005 menunjukkan hasil yang positif terhadap perubahan masyarakat dampingan. Oleh karena itu, sejak awal Juli 2005 MM memperoleh status sebagai lembaga otonom dari Dompet Dhuafa dan memiliki struktur organisasi tersendiri agar dapat fokus bergerak dalam dunia pemberdayaan masyarakat. Pada periode 1429–1431 H (2008-2010) secara umum MM telah melakukan berbagai aktivitas manajemen yang terdiri dari : 1) pengelolaan Kesekretariatan, Keuangan, Kepegawaian, 2) Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian Program, dan 3) Marketing dan Komunikasi serta 4) Pengembangan unit usaha yang mampu mendukung operasional kemandirian lembaga.

    Mulai tahun 2012, semua unit jejaring ekonomi DD, termasuk MM diarahkan menjadi jejaring Community Enterprise atau CE. Community Enterprise adalah unit kegiatan atau unit jejaring DD yang melakukan pemberdayaan  masyarakat bidang ekonomi  yang diharapkan mampu swadaya dalam pengelolaannya secara berkelanjutan dan memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat yang tidak berdaya.

    Unit jejaring Community Enterprise secara badan hukum berada dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT Karya Masyarakat Mandiri. Unit jejaring CE memiliki karakteristik usaha yaitu CE  berusaha untuk menjadi organisasi bisnis yang layak, dengan surplus operasi (Enterprise orientation) dan CE memiliki nilai-nilai etika termasuk komitmen untuk membangun kapasitas lokal, dan mereka bertanggung jawab kepada dan masyarakat luas untuk dampak sosial lingkungan dan ekonomi (Social Aims)