Sri, Entrepreneur yang lahir dari keluarga entrepreneur

Sri sibuk melayani konsumen yang rata-rata anak usia SD. Hampir setiap hari gerobak merahnya di kerumuni oleh anak-anak. Sri adalah salah satu mitra Program Warung Anak Sehat (WAS) yang dilakukan oleh Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Sarihusada.

Sri setiap hari “mangkal” di depan SD Sukadamai 2, Kecamatan Tanah  Sareal, Kota Bogor. Ia awalnya berjualan es jeruk dan es blender di lapak sederhananya.  Dari berdagang es ia tidak banyak meraup untung. Namun ia tidak putus asa sampai ia bertemu penulis yang merupakan pendamping Program WAS wilayah Bogor.

Dengan mengikuti program WAS ini ia mendapatkan beberapa fasilitas  antara lain sebuah gerobak yang good looking dan modal usaha yang diperuntukkan untuk membeli bahan baku pembuatan produk makanan sehat yang memang menjadi syarat untuk mengikuti program ini.

Program WAS tidak hanya sekedar membantu. Namun juga memberdayakan terkait dengan isu pangan sehat. Salah syarat menjadi mitra program adalah bersedia untuk menjual produk-produk makanan yang sehat tanpa menggunakan bahan pengawet dan zat kimia berbahaya.

Perlahan tapi pasti jualannya mulai menampakkan hasil.  Dalam sehari ia bisa menjual 120 cup susu dengan harga Rp. 2000/cup. Jika diuangkan rata-rata omzet hariannya 240rb, ini  lebih tinggi dari pada ketika masih berjualan es.

Bukan tanpa sebab, perempuan beranak satu ini mampu meningkatkan omzet jualannya. Sifat ulet dan pantang menyerahnya ia warisi dari kedua orangtuanya. Ibunya adalah penjual jamu keliling dan bapaknya adalah penjual bakso. Karakter entrerenuership yang ditanamkan sejak kecil membuat ia menjiwai profesinya. Selain punya jiwa wirausaha yang kuat, Sri dan keluarga ini menerapkan prinsip Time Is Money.

Program WAS bertujuan tidak untuk meningkatkan ekonomi penerima manfaat namun juga memberikan edukasi tentang gizi dan pangan sehat. Beruntung Sri dan keluarga sudah lama menerapkan proses pembuatan pangan sehat. Dari Jamu yang di jual ibunya menggunakan bahan alami, mie ayam yang di produksi oleh bapaknya pun  diolah tanpa bahan menggunakan pengawet. Pangan sehat ini selain menyehatkan, juga  mampu menarik konsumen yang semakin kritis tentang pangan yang akan mereka konsumsi.

Jualan Sri diharapkan semakin hari semakin meningkat. Apalagi sekarang disediakan hadiah menarik yang bersifat edukatif bagi anak-anak. Hadiah tersebut berupa stiker sablon dan  peta dunia. Hadiah tersebut menjadi pemikat bagi calon pembeli selain dari bentuk gerobak yang unik. {fcomment}

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan