THR untuk Mitra

Warung Tenda Ta’jil Berkah merupakan salah satu program Dompet Dhuafa yang akan diadakan pada Bulan Ramadhan 1435 H. Dalam Warung Tenda Ta’jil Berkah ini ada beberapa kegiatan yang akan dijalankan dan merupakan salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi di wilayah dampingan Dompet Dhuafa yang tujuannya untuk meningkatkan penghasilan mitra selama bulan Ramadhan.

Konsep Warung Tenda Ta’jil Berkah Ramadhan dari Dompet Dhuafa ini yaitu kegiatan pemberdayaan ekonomi yang melibatkan kelompok masyarakat kurang mampu di wilayah dampingan. Dalam kegiatan ini ada beberapa aktfitas yang akan dilakukan seperti : pelatihan keamanan dan pengolahan pangan.

 Aktifitas tersebut dilakukan untuk menciptakan produk-produk pangan yang aman dan halal dan dijual di warung tenda yang telah disediakan sehingga pemetik manfaat mendapatkan keuntungan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, yaitu mendapatkan peningkatan kapasitas dan melakukan sebuah aktifitas sosial ekonomi sehingga mendapatkan penghasilan tambahan dari program Warung Tenda Ta’jil Berkah ini.

 

“Alhamdulillah dagangannya laris, sehari dapet 130 rb. Dengan adanya tenda dan spanduk jadi menarik jadi banyak yang mampir. Sebelum beli kebanyakan baca spanduk dulu baru mampir” Tukas Ida, Mitra Pedagang Ta’jil di Sawangan Depok. Peningkatan pendapatan mitra sudah terlihat sejak dimulainya program.

 “Kalo disini kebanyakan yang beli orang lewat pada mampir. Jadi rame, pendapatan sehari bisa sampai 150 – 200 rb, Ujar ika, Mitra pedagang di Jurang Mangu,Tangerang Selatan. bagi ika dengan ikutnya program ini sangat membantu karena ramadhan kali ini bersamaan dengan liburan sekolah. Ia biasanya berdagang disekolahan, libur sekolah membuatnya tidak bisa berdagang. Dengan ikut program mampu menutupi pemasukan yang ‘hilang’ karena liburan.

Program ini memberikan pembiayaan untuk para pedagang sejumlah Rp. 500.000,- dan saran untuk berjualan seperti Tenda, Spanduk, celemek dan Kemasan. Pembiayaan dimaksudkan agar modal mereka bertambah dan berpengaruh pada peningkatan penghasilan. Pembiayaan ini wajib di angsur selama satu bulan, para pedagang beum sebulan sudah mampu mengangsur.

Diakhir bulan ramadhan mitra pedagang diberikan surprise berupa THR yang berasal angsuran dari pembiayaan yang sudah diberikan. Perasaan senang dan tak percaya menghinggapi raut muka Dedi, Mitra Pedagang Ta’jil di Sukatani Bekasi. ia tidak menyangka kalo angsuran yang selama ini ia bayarkan diberikan kembali sebagai THR. “bu, saya mo bayar angsuran. kata bapak di suruh nitip ke ibu” ungkap Dedi kepada manajer Program MM, Munipah. “Pak, ini gak usah dikembalikan, uang ini jadi kami berikan sebagai THR. Ini uang kemaren yang bapak angsur, saya kasih lagi, Ujar Munipah. Diam dan ‘terbengong’ seolah tidak percaya dengan apa yang disampaikan Munipah. 

Program Ta’jil dilaksanakan di wilayah Jabodetabek. dengan rincian wilayah sebagai berikut
1. Taman Asri 2 RT.01/RW.03 Cipadu Jaya Larangan Tangerang

2. Jalan Japos Raya RT.05/RW.03 Jurang Mandu Pondok Aren Tangerang

3. Jalan WR. Supratman Kec. Ciputat Timur Tangerang Selatan
4. Halaman Kecamatan Rawa Lumbu Jembatan 6 Jalan Lumbu Tengah Kelurahan Bojong Menteng Kec. Rawa Lumbu Bekasi

5. RT.02/RW.03 Kampung Ceger Kelurahan Sukadana Kec. Sukatani Kab. Bekasi
6. Jalan Sasak Timur Keluarahan Rawa Belong Kec. Palmerah Jakarta Barat

7.Jalan Haji Suhaemi RT. 03/RW. 06 Kelurahan Duren Mekar Kec. Bojong Sari Depok

   

{Fcomment}

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan