Tingkatkan Kapasitas, Petani Nanas Subang Adakan Studi Banding

Paguyuban Barokah Agro Lestari menyelenggarakan Studi Banding tentang budidaya dan pasca panen pengolahan nanas, Minggu (29/04/2018). Diikuti peserta 22 orang petani nanas mengunjungi 2 lokasi.

Pertama petani diajak mengunjungi lokasi kebun yang dikelola oleh kelompok tani Mekar Sari Maju di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Petani diperlihatkan 2 sistem budidaya nanas, yaitu sistem monokultur dan sistem tumpang sari atau polikultur dengan penggunaan mulsa.

Selanjutnya peserta diajak mengunjungi pelaku industri pengolahan nanas yang dikelola kelompok tani Alam Sari di Desa Tambak Mekar, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Petani diperlihatkan berbagai macam olahan nanas beserta cara pengolahannya.

Selain mendapatkan informasi yang sifatnya pengetahuan, pada studi banding ini petani juga diberikan motivasi agar melakukan budidaya nanas yang baik yang sesuai dengan SOP dan permintaan pasar. Harapannya nanas petani dapat diserap pasar dengan harga yang sesuai dengan harapan petani.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.