Tingkatkan Keahlian Mitra, Masyarakat Mandiri Gelar Pelatihan Bandeng Presto

Pemberdayaan sejatinya tidak sekedar memberikan bantuan pendanaan modal saja, namun harus dirangkai dengan program berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas dan keahlian mitra penerima manfaat. Peningkatan ini yang akan membantu mitra dalam mengembangkan usaha yang digelutinya.

Masyarakat Mandiri sebagai lembaga yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat sadar betul akan hal tersebut. Di setiap program yang dilaksanakan didalamnya sudah direncanakan beberapa pelatihan untuk meningkatkan keahlian mitra dalam berusaha. Salah satunya adalah program Kelompok Pedagang Makanan Sehat Semarang yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara.

Sabtu (28/11) dilaksanakan pelatihan pembuatan Bandeng Presto di Balai RW 03 Kalurahan Tanjungmas, Semarang Utara. Pelatihan ini diikuti 19 orang yang kesemuanya adalah mitra penerima manfaat program. Tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Mitra dalam pengolahan Ikan bandeng, yang nantinya akan menjadi produk dari ISM Mandiri Amanah Sejahtera sebagai Usaha bersama mitra KPMS (Kelompok Pedagang Makanan Sehat).

Pelatihan bandeng mengundang Ibu Darmono, salah satu pengusaha bandeng yang cukup terkenal di Kota Semarang. Produk bandeng tersedia di pusat-pusat oleh-oleh di Kota Semarang. Mengundangnya sebagai pelatih juga sekaligus membuka memudahkan akses pasar untuk usaha bandeng presto.

Secara umum mitra sangat antusias dalam pelatihan. Banyak mitra yang bertanya yang menunjukkan mereka tertarik. Setelah dilakukan evaluasi oleh narasumber, secara umum mitra sudah mampu melakukan proses-proses dalam produksi bandeng presto meskipun masih perlu banyak pengalaman terkait konsistensi kualitas dan penampilan bandeng. Disarankan kepada mitra untuk sering mencoba agar menemukan perpaduan yang sesuai.

Diakhir pelatihan bu Darmono juga memberikan kesempatan kepada 5 orang mitra untuk magang di tempat usahanya gratis. Dengan pelatihan ini mitra diharapkan mampu mendublikasi usaha bandeng presto sehingga bisa meningkatkan pendapatan mereka. (Rudi D.S/Slamet)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan