Training Motivasi Usaha dan Berkoperasi

BOGOR. Dalam usaha untuk menguatkan pentingnya peran koperasi dan memotivasi mitra dalam melakukan usahanya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa (MM-DD) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan dan perkoperasian pada Rabu (18/06). Pelatihan dilakukan di dua lokasi yaitu Desa Ciherang Pondok, Kec. Caringin dan PerumahanLido Permai, Kec. Cigombong.

Pelatihan diikuti 60 mitra dampingan yang ikut dalam Program Pemberdayaan Ekonomi yang merupakan program kerjasama anatara MM-DD dengan PT Tirta Investama, Tbk.  Program ini telah berjalan selama 3 tahun dengan jumlah mitra dampingan sebanyak 575 orang. Jumlah mitra yang banyak tentu akan menyulitkan pendampingan secara intensif, sehingga dibentuklah Koperasi yang akan membantu pendamping dalalam mengelola program.

Koperasi dipilih karena koperasi dapat berperan lebih besar di masyarakat dan keberadaannya diakui dan legal. Peran koperasi juga diharapkan berpihak kepada usaha-usaha kecil dan menekan praktek-praktek rente yang menjamur. Bina Wira Usaha Mandiri dipilih menjadi nama koperasi.

Pelatihan sendiri selain untuk memotivasi mitra dalam berusaha, juga menjadi forum untuk melakukan rekrutment mitra yang belum menjadi anggota koperasi. Moh. Sarjana salah satu narasumber dari Dinas Koperasi Kabupaten Bogor banyak memberikan motivasi dan keuntungan menjadi anggota koperasi. Dengan harapan setelah pelatihan tersebut mitra yang belum menjadi anggota termotivasi untuk menjadi anggota.

Mitra-mitra semuanya mempunyai usaha kecil, nemun rata masih sederhana dan perlu peningkatan baik dari kualitas maupun kuantitas. Belum adanya gambaran tentang pasar yang membuat mitra masih belum ada perubahan signifikan. Reza, pemilik Papapia hadir untuk sharing sekaligus memberikan motivasi usaha. Ia memberikan gambaran tentang langkah-langkah memulai bisnis hingga menjadi besar

Harapan besar dari pelatihan mampu mengubah mental mitra untuk menghadapi persaingan usaha dan menyosong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diberlakukan mulai tahun 2015.

 {fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan