Workshop Program Pemberdayaan Nelayan Tanjung Pasir

Tanpa terasa kegiatan pemberdayaan nelayan di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang hasil kerjasama antara Dompet Dhuafa dengan YARSI telah berlangsung selama 8 bulan. Sebagai bagian dari proses  kegiatan pendampingan program, pada hari Rabu, 29 Mei 2013 dilangsungkan kegiatan workshop awal program yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi program.

Workshop awal tahun ini diisi dengan dialog antara masyarakat, Dompet Dhuafa, Yarsi dan pemerintah daerah untuk mendorong terbentuknya kerjasama dan sinergi antar pihak untuk memajukan Desa Tanjung Pasir. Di dalam acara workshop ini maing-masing pihak terlibat menyampaikan kesan dan harapannya terhadap kegiatan ini. Dalam testimoninya, Ucum Suminyati yang merupakan mitra pemetik manfaat program berterima kasih kepada pihak Dompet Dhuafa dan YARSI yang telah memberikan bantuan modal dan pendampingan usaha. Ucum berharap usaha abon dan kateringnya bisa terus berjalan dan berkembang sehingga cita-citanya untuk pergi umroh tercapai. Mimpi ini pun sontak diamini oleh semua peserta workshop termasuk pimpinan Dompet Dhuafa yang diwakili oleh M. Toriq Helmi selaku Direktur Program Dompet Dhuafa, juga drg. Ardin Amir yang mewakili YARSI dan Permadi dari Lantamal.

Selain acara dialog, ada juga kegiatan pameran produk-produk hasil pemberdayaan nelayan Tanjung Pasir seperti abon ikan, terasi, kerupuk ikan, serta  produk kreatif hasil para pemuda Desa Tanjung Pasir berupa aneka kerajinan pasir, seperti bingkai foto, tempat pensil, asbak, hiasan dinding, gantungan kunci. Alunan nada khas pantai dari anak muda yang tergabung dalam kelompok SEKAR TAVAS (Seni Kerajinan Tanjung Pasir) juga turut memeriahkan acara ini.

Di session inti, dilakukan penyampaian arahan dan program ke depan oleh Tendy Satrio (GM Ekonomi Dompet Dhuafa) dan Slamet Mulyanto (pendamping program Masyarakat Mandiri). Sedangkan Tabroni (Dinas Koperasi dan UKM) dan S. Anwar (Dinas Kesehatan) yang mewakili stakeholder terkait di Kabupaten Tangerang tak lupa memberikan motivasi agar mitra program senantiasa melakukan perbaikan dalam usaha maupun kesadaran untuk dapat hidup sehat dan bersih. Semoga upaya kecil ini dapat bermanfaat untuk semua utamanya masyarakat nelayan Tanjung pasir.

Jaya Terus Nelayan Indonesia, Salam Pemberdayaan!

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan