Karya Masyarakat Mandiri

Aqua Ajak Pelaku UMKM Kembangkan Usaha dan Bermitra

BOGOR – Program AQUA Damping menyelenggarakan silaturahmi pelaku UMKM Bogor pada Jumat (02/02/2024). Hadir 25 pelaku usaha mikro kecil dalam kegiatan ini. Mereka seperti toko kelontong, warung kopi, warung sembako yang tergabung sebagai Mitra Program.

Agenda bertujuan untuk memperkuat jejaring kerja diantara pelaku UMKM sebagai bagian dari rantai pasokan produk AMDK AQUA. Juga sebagai upaya memberikan layanan terbaik kepada konsumen dengan adanya penguasaan pengetahuan produk serta penerapan prinsip budaya perusahaan.

Direktur Karya Masyarakat Mandiri (KMM), Jodi H Iswanto yang juga menjadi pelaksana program ini, memberikan motivasi kepada para peserta untuk selalu mengembangkan kreativitas usaha.

“Kreativitas dalam mewujudkan produk barang dan jasa maupun layanan baru berguna untuk menaikkan daya tawar usaha,” papar Jodi.

Wawan Setiawan, perwakilan AQUA Head Office menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pelaku UMKM. Mereka menjadi bagian dari rantai pasokan AQUA.

“Program AQUA Damping UMKM ini menjadi bentuk perhatian perusahan untuk memajukan usaha masyarakat di sekitar perusahaan. Kegiatan program dalam bentuk pelatihan kapasitas dan ketrampilan pelaku usaha, dukungan visibilitas dan perlengkapan usaha,” ungkap Wawan.

Koordinator CSR Pabrik AQUA Caringin, Jaka Sunarna mengetengahkan budaya blue operation perusahaan yang menjadikan produk AQUA senantiasa terjaga kualitas dan kontinuitas produknya sejak 1973 hingga hari ini.

“Di antaranya adalah menjaga keberlangsungan sumberdaya air, bijak dalam berplastik dan dalam menggunakan energi. Blue Operation memastikan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan. Budaya ini juga dapat diterapkan dalam operasi usaha maupun kegiatan sehari hari,” jelas Jaka.

Adhi Nur Hidayat pelaksana program KMM menyampaikan materi penguatan UMKM dengan mendorong terlaksananya konsistensi pelaku usaha dalam melaksanakan rencana perbaikan/pengembangan usaha, mendorong praktek inovasi serta membangun sinergisme. Aksi pertama dalam hal ini adalah menyambungkan semua pelaku UMKM ini pada jejaring stok poin terdekat. Sehingga pasokan produk AQUA di outlet UMKM tersedia dengan baik.

Neni, pelaku usaha warung kopi, sangat berterima kasih dengan adanya program ini. Bentuk Pendampingan juga suport usaha telah dirasakan manfaatnya.

“Selain telah meningkatkan motivasi, menambah pengetahuan juga terbentuk jejaring kerja di antara sesama pelaku UMKM,” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top