Karya Masyarakat Mandiri

AQUA Cianjur Adakan Sekolah Lapang Pertanian Ramah Lingkungan

Cianjur – AQUA Cianjur mengadakan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa kegiatan Sekolah Lapang. Sekolah Lapang merupakan wadah edukasi dan berbagi para petani lokal di Kp. Loji, Desa Gekbrong, Kab. Cianjur, Jumat (05/07/24). Acara bertema “Pertanian Ramah Lingkungan Solusi Pertanian Berkelanjutan” bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pertanian sehat. Budidaya pertanian ramah lingkungan menjadi upaya dalam menekan ongkos produksi, seperti pupuk kimia yang semakin mahal.

sekolah-lapang-cianjur-4Sebanyak 20 petani tergabung dalam Kelompok Tani Kencana mendapatkan bantuan berupa benih cabai. Benih cabai dipilih karena menurut prediksi petani harga produk cabai nantinya akan cukup tinggi. Selain benih, kelompok juga mendapatkan bantuan berupa sarana produksi untuk melakukan praktik pertanian ramah lingkungan seperti pupuk kandang, paket pembuatan pupuk cair dan lainnya. Melalui sekolah lapang, para petani diharapkan dapat menerapkan metode yang lebih efektif dan ramah lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

“Terima kasih CSR AQUA atas perhatiannya kepada para petani di Kp. Loji. Mudah-mudahan proses budidaya cabai yang kami lakukan dapat berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan,” ujar Hambali, perwakilan dari Pengurus Kelompok Tani Kencana.

Perwakilan dari CSR PT. Tirta Investama (TIV), Uden Winajat menyampaikan, “Ini merupakan salah satu upaya kami dalam memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Dengan menerapkan cara-cara bertani ramah lingkungan, semoga hasil panen para petani tetap produktif tentu dengan bekal ilmu dan arahan baik dari PPL maupun praktisi.”

sekolah-lapang-cianjur-3

Sekolah Lapang diisi dua narasumber yaitu Uden Suherlan dari Kelompok Tani Gede Lestari yang memberikan pengetahuan tentang pupuk kompos. Andri Sunjaya yang merupakan praktisi pertanian sehat sejak 10 tahun terakhir menjelaskan Jamu Sehat Tanaman. Sebuah resep yang dapat dilakukan oleh petani dalam melakukan budidaya pertanian. Menurut Andri kita sangat mampu untuk melakukan budidaya pertanian ramah lingkungan dengan tetap menghasilkan keuntungan maksimal.

Acara juga dihadiri PPL Kecamatan Gekbrong yang senantiasa berkolaborasi dalam berbagai kegiatan. Pasca kegiatan sekolah lapang para petani akan senantiasa dimonitor terkait perkembangan budidaya yang dilakukan. Kegiatan pertemuan lainnya akan dilakukan untuk menjadi sarana tukar informasi antar petani dan pembinaan.

2 komentar untuk “AQUA Cianjur Adakan Sekolah Lapang Pertanian Ramah Lingkungan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top