Karya Masyarakat Mandiri

AQUA Cianjur Berdayakan Siswa SLB Tuna Wicara Melalui Pelatihan Membatik

CIANJUR – PT. Tirta Investama (AQUA Cianjur), perusahaan terkemuka dalam industri minuman di Indonesia, dengan bangga melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) terbaru mereka
berupa pelatihan membatik bagi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) berkebutuhan khusus, khususnya siswa tuna wicara. Program ini terselenggara bersama UMKM dampingan Aqua Cianjur yaitu Batik Dahlia-Genturan yang sudah kondang di Warung Kondang Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini merupakan satu di antara banyak program yang telah dilakukan AQUA Cianjur.

Mengambil langkah proaktif untuk memajukan inklusi sosial, AQUA Cianjur dengan tulus berbagi pengetahuan dan keterampilan kepada siswa SLB Tuna Wicara. Pelatihan membatik ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana edukasi, tetapi juga sebagai bentuk dukungan bagi siswa-siswa yang mungkin
menghadapi tantangan lebih besar dalam mencari peluang pekerjaan.

Program pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan AQUA Cianjur untuk menciptakan dampak positif di masyarakat. Dalam rangka meningkatkan inklusi sosial, perusahaan ingin memastikan bahwa setiap individu, terlepas dari kondisi fisiknya, memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang.

Selama pelatihan, siswa SLB tuna wicara diajarkan seni membatik, sebuah warisan budaya Indonesia yang berharga. Mereka belajar bagaimana menciptakan karya seni unik menggunakan teknik tradisional membatik, memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan kreatif dan meningkatkan rasa
percaya diri.

Dalam acara ini turut hadir Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Komarudin. Selain pelatihan, acara ini sekalugis peresmian aula Rumah Produksi Batik Dahlia-Genturan yang diresmikan langsung oleh Kadis Koperdagin. Aula ini dukungan dari AQUA untuk UMKM.

Komarudin dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Aqua Cianjur karena telah memberikan manfaat bagi warga Cianjur, mengapresiasi kegiatan pelatihan dan memberikan motivasi kepada adik-adik dari SLB Bina Asih Cianjur.

Sementara itu Koordinator Program CSR Aqua Uden Winajat menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan membatik ini sebagai bukti kepedulian kami terhadap warisan budaya Indonesia.

“Pelatihan membatik ini diharapkan dapat menciptakan pembatik tulis yang handal sehingga kedepan akan terbentuk divisi batik tulis yang siap memproduksi batik khas Cianjur,” ucap Uden.

Uden menambahkan AQUA Cianjur sangat bersemangat untuk melanjutkan upaya-upaya positif dalam mendukung masyarakat. Melalui program ini, berharap siswa-siswa SLB tuna wicara tidak hanya mendapatkan keterampilan baru, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Sementara itu pemilik Dahlia Batik Genturan, Eliana Trisnawati menjelaskan jika batik adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia. Ada makna dan nilai nilai spritual yang berharga dari corak batik yang dimiliki terutama batik khas Cianjur.

“Setiap daerah memiliki corak batik yang berbeda, memiliki filosofi yang berbeda. Oleh karena itu batik adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia, itulah yang harus kita sosialisasikan kepada generasi muda dalam hal ini pelajar.”

Eliana menambahkan kalau pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Pihak PT. Tirta Investama Aqua, dan berbagai pihak yang terlibat, kami berharap pelatihan ini berkelanjutan dan bisa berkesinambungan, jelasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top